Lihat ke Halaman Asli

Misbah Murad

"Tidak ada sekolah menulis; yang ada hanyalah orang berbagi pengalaman menulis."- Pepih Nugraha, Manager Kompasiana. chanel you tube misbahuddin moerad

Trowulan, Kawasan Bersejarah Nan Apik

Diperbarui: 28 Januari 2019   21:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber Foto : Moerad Studio

SALAM PETUALANG

Sebuah tempat yang dikenal sebagai kawasan bersejarah. Trowulan, berdasarkan cerita dari buku dan pemandu yang menemani kami berkeliling di kawasan Triwulan, sekurangnya ada 27 candi yang sudah di temukan, artefak-artefak serta arca-arca yang dipengaruhi oleh agama Hindu dan Budha. Dahulu saat saya masih sekolah Dasar hanya mendengar dari guru-guru sejarah, bahkan sampai di SMP dan SMA pun mendengarnya, sangat terkenal yang menyatukan Bangsa Indonesia, apalagi kalau bukan Maha Patih Gajah Mada, dengan slogan "Sumpah Palapa".

Sekarang saya berada dikawasan yang dahulu beliau kuasai, disini saya juga berselfie ria di tempat beliau menambatkan Gajah, sebagai kendaraan beliau tempo dulu.

Lokasi Trowulan berada di Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Perjalanan Dari Surabaya kalau menuju kesini, sekitar 1-1.30 menit kalau tidak melalui jalan tol, sekitar 30 menit kalau jalan tol dan bisa juga di tempuh melalui Kereta Api.

Disini masih banyak kita temuan pohon maja, asal kata Majapahit, buahnya katanya sangat pahit.

Kalau kita melihat kawasan Trowulan butuh waktu satu hari, kalau ingin melihat semua peninggalan sejarah.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline