Di tengah-tengah banyak nya persaingan pasar yang di ciptakan oleh para kompetitor, beberapa perusahaan menyiapkan strategi untuk bisa bersaing di tengah para kompetitor. Dan apa saja kah strategi yang perlu di lakukan perusahaan tersebut untuk mengalahkan kompetitor nya? Apakah strategi Line Extension sangat berperan dalam hal ini? Yuk mari kita simak.
Line Extension adalah merupakan strategi bisnis yang dipakai para produsen serta menggunakan cara satu merek yang sama menyerupai merek tersebut untuk di produksi menjadi barang lain atau di jadikan jenis merek yang sama, dan ada beberapa ahli pun berpendapat tentang seberapa kah penting Line Extension untuk di jadikan strategi perusahaan.
Menurut Kotler dan Cox (1984, p. 41) berpendapat bahwa Product Line Extension adalah perluasan suatu jajaran produk dengan menyediakan beraneka ukuran, model atau spesifikasi khas yang masing – masing dirancang untuk melayani suatu segmen pasar atau cara penerapan tertentu, merupakan suatu senjata persaingan yang ampuh dalam perlombaan merebut pasar. Sementara menurut Doyle (1994, p.183) strategi Line Extension adalah sebuah strategi yang mengenalkan sebuah produk baru melalui atau dibawah naungan suatu produk yang memiliki merek atau brand yang telah ada sebelumnya.
Namun, disetiap strategi pasti akan kita temukan yaitu dari sisi positif dan sisi negatif akan tetapi perusahaan harus melihat terlebih dahulu apakah benar? strategi Line Extension lebih mengentungkan atau lebih merugikan? tentu saja semua itu pasti akan timbul rasa dilema bagi setiap perusahaan. Eits tapi jangan galau dulu ya teman, Kami akan menyebutkan beberapa hal yang menguntungkan untuk perusahaan bila melakukan strategi Line Extension:
- 1. Meningkatkan Jumlah Pengguna
- Konsumen pasti akan setia pada sebuah merek yang di gemari nya mungkin dari melihat merek tersebut, dan merek tersebut pun bisa menjadikan kebutuhan yang unik bagi konsumen tersebut. Akan tetapi, ada beberapa konsumen yang belum tertarik dengan suatu produk tersebut maka dari itu peran line extension dapat mengatasi dalam hal ini dengan menambah daya tarik merek bahkan dapat menjangkau konsumen baru.
- 2. Membuka Lapangan Pekerjaan
- Dengan semakin luas nya produksi yang di lakukan oleh perusahaan sudah pasti akan membutuhkan tenang kerja yang banyak supaya mampu memproduksi barang yang diminta oleh konsumen dari hal tersebut perusahaan pun mencapai target produksi. Bahkan, perusahaan secara tidak langsung mampu membantu mengurangi angka pengangguran di sekitar perusahaan tersebut.
Dalam hal ini bisa dikatan Line Extension sangat berperaan dalam memajukan perusahaan. Yang dimana, perusahaan bisa merebut hati para konsumen dengan menggunakan strategi Line Extension dan bisa mencapai target penjualan bahkan bisa membantu pemerintah dalam hal mengurangi angka pengangguran.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H