Lihat ke Halaman Asli

Berilmu Dahulu, Berperilaku Sekarang

Diperbarui: 8 Februari 2016   14:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Saat kemajuan berbagai hal sudah dicapai, apalagi yang akan dikejar?

Tentu bukan sebuah rahasia lagi, banyak pengetahuan yang sudah dicapai oleh manusia dalam kurun beberapa dekade terakhir. Mulai revolusi industri hingga revolusi kemerdekaan berbagai bangsa. Berdirinya kedaulatan seiring dengan berkembangnya berbagai disiplin ilmu pengetahuan. dengan kemajuannya manusia mampu berdiri dan menjelajah berbagai tempat di dunia.

Menurut beberapa pendapat yang sering saya dengarkan, jika kedalaman ilmu pengetahuan sudah dicapai maka manusia akan mencari lagi, apa yang sekiranya masih diluar pemahaman dirinya. Manusia tidak lagi ada dalam masa untuk mencari pengetahuan (lagi). Sudah saatnya manusia berbuat lebih banyak atas apa yang sudah diketahuinya.

Manusia akan mencapai taraf 'keharusan' berperilaku sesuai dengan pengetahuannya. tanpa perilaku tersebut, maka dapat dipastikan, manusia akan mencapai stagnasi atau mandek pemahaman. Kemajuan yang dicapai akan berkembang, dan titik pencapaian juga akan berkembang pula.

Marilah kita bersama-sama menundukkan kepala dan melihat sekitar kita. Masih adakah sampah disekitar kita? Masih adakah saluran air yang mampet dan tidak mengalir? Masih adakah tetangga yang memerlukan uluran tangan dan bantuan kita?




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline