Lihat ke Halaman Asli

Muhammad Irwan

Mahasiswa Universitas PTIQ Jakarta

Pemuda: Agama dan Tanah Air

Diperbarui: 1 Desember 2023   13:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Menurut KBBI, pemuda adalah orang yang masih muda. Pemuda adalah individu yang bila dilihat secara fisik sedang mengalami peningkatan kekuatan dan secara psikis sedang mengalami perkembangan emosional, sehingga pemuda merupakan sumber daya manusia pembangunan, baik saat ini maupun nanti yang akan menggantikan generasi sebelumnya.

Menurut UU No. 40 Tahun 2009 Tentang Kepemudaan pasal 1 ayat 1 menjelaskan bahwa Pemuda adalah warga negara Indonesia yang memasuki periode penting pertumbuhan dan perkembangan yang berusia 16 (enam belas) sampai 30 (tiga puluh) tahun.

Pemuda merupakan pemeran penting untuk kemajuan Bangsa, Negara dan Agama. Di samping masa muda merupakan waktu berapinya semangat dan konsistennya tekat, juga masa muda adalah masa yang menengahi antara dua masa lemah yaitu lemah karena masa kecil sekaligus lemah karena masa tua. Bagaimana tidak, kekuatan sekaligus kemampuan seolah hanya dimiliki pada masa muda ini, baik kebugaran fisik maupun kecerdasan intelektual.

Islam sangat memberikan perhatian penuh kepada para pemuda. Bahkan para utusan Allah adalah pemuda. Ibn Abbas berkata "seluruh nabi Allah adalah pemuda, keilmuan orang cerdas hanya utuh dan sempurna dimasa muda"

Salah satu dari kisah pemuda yang diabadikan dalam Al-Quran ialah sejarah pemuda Ashabul kahfi :

Artinya : "sesungguhnya mereka (ashabul kahfi) adalah pemuda yang beriman sekaligus mendapatkan tambahan hidayah dari Allah". (Q.S Al-Kahfi: 13)

Ibnu Katsir berkata: "Allah menyebutkan bahwa mereka (Ashabul Kahfi) adalah pemuda yang konsisten terhadap kebenaran dan mendapatkan hidayah dari pada orang yang sudah lanjut usia. Oleh sebab inilah dimasa Nabi Muhammad mayoritas pemeluk agama Islam adalah golongan pemuda, sedangkan golongan selain pemuda yang mengikuti nabi Muhammad masih sangat sedikit".

Nabi Muhammad SAW. sangat memberikan perhatian kepada para pemuda, bahkan nabi Muhammad memberikan nasehat khusus untuk pemuda dan beliau mengisyaratkan bahwa masa muda merupakan masa emas.

Rasulullah bersabda:

( ) : .

Artinya: "Tujuh golongan yang mendapatkan naungan dari Allah di hari tidak ada naungan sama-sekali. Salah satunya ialah Pemuda yang hidupnya digunakan ber-taat kepada Allah".

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline