Lihat ke Halaman Asli

Filsafat Pendidikan dan Psikologi Perkembangan, Menurut Jean Piaget

Diperbarui: 10 April 2020   19:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Filsafat. Sumber ilustrasi: PEXELS/Wirestock

JEAN PIAGET                                                                 M. Irsyad Maulana

Filsafat Pendidikan 

Psikologi Perkembangan

A.  Aliran Kontruktivisme

Struktur pengetahuan itu disusun ditata itu yang dinamakan konstruktivisme , pengetahua-pengetahuan yang kita dapatkan terhimpun, tersusun seejak kamu lahir. Seperti apa dirimu itu ditentukan oleh pengetahuanmu, orang yang berpengetahuan sesuatu pasti akan menjadi sesuatu. Didalam kontruksivisme tidak ada kata-kata hakikat, misalnya, hakikat manusia itu baik atau buruk? Maka hakikat manusia itu tergantung oleh mereka sendiri.

1`. Terori kontruksivisme sebagai berikut :

a. Setiap orang hakikatnya mempengaruhi antara pembelajaran pembelajaran terdahulu dengan pelajaran terbaru

b. Perbandingan informasi baru dengan pemahaman yang sudah ada

c. Ketika keseimbangan : kesadaran saat gagasan-gagasan tidak konsisten atau sesuai dengan pengetahuan ilmiah.

B. Ciri-ciri pengetahuan dari kontruksivisme

1. Ada dalam proses saling mempengaruhi

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline