Lihat ke Halaman Asli

Mirza Aerunissa

Mahasiswa Ilmu Keluarga dan Konsumen IPB University

Lansia di Pedesaan: Lingkungan dan Kesejahteraan

Diperbarui: 30 April 2023   09:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Proporsi penduduk berusia 60 tahun atau lebih meningkat pada tahun 1990 dari 6 persen menjadi 9,3 persen pada tahun 2020. Proporsi tersebut diproyeksikan akan terus meningkat menjadi 16 persen pada tahun 2050 sehingga satu dari enam orang di dunia akan berusia 65 tahun atau lebih. Masa tua merupakan tahap akhir dari hidup manusia sehingga terjadi penurunan fungsi kognitif, psikomotor dan perubahan aspek psikososial yang dapat menurunkan kualitas hidup lansia. Komponen kualitas hidup dapat dibedakan menjadi tiga yaitu, kesejahteraan dan tingkat kehidupan, fungsi peran, dan faktor lingkungan (Puspadewi dan Rekawati 2017). 

Artinya, lingkungan tempat tinggal lansia yang padat, macet, bising, dan kotor dapat menurunkan kualitas hidup lansia. Hal tersebut terjadi karena pikiran lansia menjadi was-was akan dampak buruk pencemaran lingkungan terhadap kesehatannya, sehingga lama-kelamaan dapat membuat lansia stress. Implikasi lebih lanjut, kualitas hidup dan produktivitas lansia akan menurun diikuti dengan penurunan kesejahteraan pada lansia. Oleh karena itu, diperlukan manajemen sumberdaya lingkungan yang baik demi meningkatkan kesejahteraan lansia. 

Karakteristik Lanjut Usia

Lansia atau lanjut usia merupakan tahap perkembangan manusia yang terakhir, yaitu ketika berusia 60 tahun ke atas. Lansia akan mengalami perubahan fisik dan mental sebagai tanda-tanda proses penuaan. Dalam artikel ini, penulis mewawancarai lima narasumber yang termasuk lanjut usia. Kelima narasumber terdiri dari: Bapak S (75), Ibu A (62), Ibu R (68), Ibu L (65), Bapak T (68). Tempat tinggal narasumber pun bervariasi, yaitu Kabupaten Dramaga , Kabupaten Bandung, Kabupaten Tangerang, dan Kabupaten Sibolga. 

Permasalahan Lingkungan Sekitar

Lingkungan merupakan segala sesuatu yang berada di sekitar manusia, termasuk alam dan sosial. Lingkungan alam berkaitan dengan sumber daya alam di sekitar manusia. Sedangkan, lingkungan sosial berkaitan dengan interaksi sosial antar kelompok atau individu serta berhubungan dengan lingkungan alam atau buatan. Kedua jenis lingkungan dapat menjadi masalah bagi para lansia. Pada daerah pedesaan, jenis permasalahan yang sering ditemukan adalah kebersihan, keamanan, kebisingan, serta kualitas udara. 

Permasalahan kebersihan cukup jarang dirasakan sebab kelima narasumber merasa lingkungan mereka sangat bersih dan tidak terkena banjir saat musim hujan. Permasalahan keamanan sangat dirasakan oleh narasumber Bapak S dan Ibu L, yaitu sering terjadi pencurian motor, barang berharga, dan pembobolan paksa. Permasalahan kebisingan di pedesaan cenderung rendah sebab daerah pedesaan narasumber jauh dari dari jalan raya dan fasilitas umum seperti masjid atau kegiatan desa dapat mengontrol kebisingannya. 

Terakhir, kualitas udara di pedesaan tergolong cukup baik. Hal ini juga didukung oleh banyaknya pepohonan dan persawahan yang asri. Namun, kualitas udara bagi tiga narasumber sedikit buruk sebab tingginya penggunaan kendaraan bermotor dan pembakaran sampah dalam jumlah besar. 

Pengelolaan Sumberdaya Lingkungan Pedesaan 

Manajemen sumberdaya lingkungan pedesaan perlu ditingkatkan untuk mempertahankan potensi sumberdaya yang dimilikinya, terlebih bagi daerah pedesaan yang masih minim informasi mengenai pemeliharaan sumberdaya lingkungan. Untuk mampu mengelola sumberdaya lingkungan yang baik, maka sumberdaya manusia juga perlu ditingkatkan. Hal ini dapat dilakukan dengan manajemen sumberdaya keluarga yang baik. Ketika keluarga memasuki masa lansia, penggunaan sumber daya seperti air, listrik, dan bahan bakar minyak mengalami penurunan yang drastis. 

Hal ini dikarenakan lansia bukan lagi individu dengan kegiatan produktif melainkan individu yang harus lebih memperhatikan kesehatan fisik secara berkala. Terlebih pada lansia yang tinggal di pedesaan, mereka tidak menggunakan listrik dalam jumlah yang banyak. Terbukti pada kelima narasumber mengatakan bahwa mereka hanya menggunakan listrik hanya untuk alat elektronik penunjang, misal kulkas, kipas, TV, mesin cuci, dan lampu.  

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline