Lihat ke Halaman Asli

Ibu Istimewa, dari CR7 sampai Nabi Muhammad

Diperbarui: 29 Desember 2015   16:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Di dunia ini terdapat begitu banyak tokoh-tokoh yang hebat. Seringkali kita mengagumi karya-karya hingga kepribadian mereka. Mulai dari tokoh ilmuwan dengan penemuan-penemuan hebatnya, tokoh sosial yang dikagumi karena kepribadian dan perannya dalam masyarakat, bahkan tokoh olahragawan dan segudang prestasi yang ditorehkannya.

                Namun, dibalik kehebatan tokoh-tokoh tersebut, kita seringkali melupakan atau tidak mengetahui siapa sosok “pendamping” dibalik kesuksesan yang mereka raih. Bapak Teknologi Indonesia B.J. Habibie pernah mengatakan suatu ungkapan menarik mengenai peran wanita bagi seorang tokoh, “Di balik sukses seorang tokoh hebat,  tersembunyi peran dua wanita yang sangat  menentukan yaitu: ibu dan istri.”

                Tak bisa dipungkiri bahwa wanita, ibu khususnya, memegang peranan yang sangat penting. Bagaimana tidak, wanita adalah makhluk yang diciptakan Allah SWT yang diberi banyak keistimewaan. Diberikan keindahan baik dari segi fisik maupun sifatnya. Hatinya yang lembut dan penuh kasih sayang serta akhlak yang mulia menjadikan dia sosok yang sempurna. Dan di samping segala keistimewaan tersebut, seorang ibu mempunyai kewajiban untuk mendidik dan menanamkan karakter mulia kepada anak-anaknya. Tak bisa dibayangkan jika seorang ibu melupakan atau melalaikan kewajibannya yang satu ini. Akan lahir sebuah generasi yang gamang, mudah terombang-ambing, dan tak berprinsip. Dan sejarah telah mencatat contoh ibu-ibu yang istimewa. Ibu-ibu yang melahirkan tokoh-tokoh besar dalam bidangnya. Mereka inilah yang terdepan untuk dijadikan teladan.

Aminah binti Wahab. Ia adalah pemimpin para ibu, karena ia ibu Nabi Muhammad SAW yang dipilih Allah SWT sebagai Rasul pembawa risalah untuk umat manusia hingga akhir zaman. Nabi Muhammad merupakan sosok paling berpengaruh di bumi ini. Beliau adalah sosok mulia yang menjadi pemimpin dan panutan umat Islam dan pemimpin semua makhluk di jagat ini. Dan beliau lahir dari rahim seorang perempuan hebat bernama Siti Aminah yang penuh perjuangan dan pengorbanan saat mengandung, melahirkan, dan masa awal pengasuhannya.

Nancy Matthew Edison. tak banyak orang mengenal siapa Nancy Mattews, namun bila kita mendengar nama Edison, kita langsung tahu bahwa dialah penemu paling berpengaruh dalam sejarah. Ya, Nancy adalah ibu dari Thomas Alva Edison, seorang penemu dengan 1.093 paten penemuan. Thomas, yang pada waktu kecil dikenal dengan nama Tommy adalah seorang anak yang agak tuli dan dianggap bodoh di sekolahnya. Namun ibunya, tidak menyerah begitu saja dengan pendapat pihak sekolah terhadap anaknya. Nancy yang memutuskan untuk menjadi guru pribadi bagi pendidikan Edison dirumah, dan ia juga yang telah menjadikan puteranya menjadi orang yang percaya bahwa dirinya berarti. Nancy yang memulihkan kepercayaan diri Edison.

Dolores Aveiro. Ia adalah Ibunda Cristiano Ronaldo, ia menjadi single parent semenjak sang suami wafat pada September 2005. Dan semenjak itu ia harus berjuang menghidupi keempat buah hatinya seorang diri. Dalam film dokumenter bertajuk Ronaldo, Dolores mengaku sempat mempertimbangkan untuk melakukan aborsi ketika sedang mengandung CR7. Namun, dibanding aborsi, ia akhirnya memilih untuk menjaga janin tersebut dan membesarkannya.

                Ya, ibu adalah sosok yang sangat istimewa. Peranan dan jasanya sangat besar dalam kehidupan kita. Tokoh-tokoh besar yang saat ini kenal adalah bukti dari peranan ibu dalam kesuksesan kita. Tidak hanya ibu dari tokoh-tokoh besar dalam sejarah saja yang luar biasa. Ibu kita juga merupakan sosok yang luar biasa dan harus kita hormati dan sayangi.

 

“You educate a man; you educate a man. You educate a woman; you educate a generation.”
Brigham Young

 

 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline