Lihat ke Halaman Asli

Inilah 5 Tradisi Ramadan, Salah Satunya Bikin Kangen

Diperbarui: 9 Mei 2019   23:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

republika

Bulan Ramadhan adalah bulan paling istimewa diantara bulan islam lainnya. Selain keutamaannya, juga ada beberapa yang khas di bulan Ramadhan. Ke-khasan ini yang membuat orang muslim rindu akan suasana bulan Ramadhan. Mulai dari acara penyambutan bulan Ramadhan, makanannya, acara di TV, diskon, dll. Indonesia negara yang akan kaya keragaman budaya juga mempengaruhi suasana atau ke-khasan bulan Ramadhan.

Seringkali tradisi kota A berbeda dengan tradisi di kota B. Tradisi di kota saya tinggal, mungkin akan berbeda juga tradisi di mana Anda tinggal.  Jika di kota Bekasi -- kota di mana saya tinggal -- mepet dengan ibukota Indonesia. Hampir-hampir sama tradisinya. Beberapa diantaranya yang selalu tak pernah saya lupakan yaitu:

Solat terawih berjama'ah

Solat terawih adalah amalan solat yang hanya ada di bulan Ramadhan saja. lebih diutamakan jika solat berjama'ah sampai selesai bersama imam. Pahalanya semalam suntuk. Biasanya dilakukan langsung setelah solat isya. Jama'ah yang hadir dari berbagai usia. Dari lansia sampai anak SD juga ada. Terkadang saya dibuat kesel karena suara petasan dan celotehnya anak-anak. Hehe.

Es blewah

resepanekaminuman.blogspot.com

Buah yang memiliki ciri kulit berwarna kuning kehijauan ini merupakan buah khas di bulan Ramadhan. Bersaudara dengan buah labu dan timun. Biasanya blewah dijadikan campuran dengan buah-buahan lain. disantap ketika berbuka, hem....nikmat. Seger rek.

Kolak pisang, dan kurma

kolak-pisang-sajian-istimewa-untuk-berbuka-di-malam-terakhir-rev-2-5cd4500375065707a31903f4.jpg

Selain si blewah, santapan lain yang tak kalah khas nya yaitu kolak dan kurma. Ini kalau di daerah tempat tinggal ku ya. setiap daerah pasti punya makanan khas yang berbeda. Mudah sekali menjumpai kurma dan kolak di bulan Ramadhan. Biasanya dijadikan panganan waktu berbuka. Si manis-manis bikin rindu. Hihi.

Moment makan bersama

timesindonesia

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline