Lihat ke Halaman Asli

Indonesia Juara, Apakah Atlet Sejahtera?

Diperbarui: 28 September 2018   14:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dok.pribadi

Setelah Asian Games 2018, Indonesia Untung atau Rugi

Mencoba move on dari perhelatan Asian Games 2018 di Indonesia yang penuh dengan tampilan memukau, tetapi masih akan ada banyak pertanyaan seperti, "Apakah atlet mulai dipikirkan kesejahteraannya? apakah akan ada penambahan pembinaan untuk meningkatkan prestasi? bagaimana dengan infrastruktur yang sudah dibangun, apakah stadn akan optimal digunakan dan dimanfaatkan mengingat biaya perawatannya yang tidak sedikit?


Memang masih banyak pertanyaan mengenai terselenggaranya Asian Games 2018 di Indonesia, memang diakui Openingnya begitu menghipnotis dengan penampilan yang menyedot perhatian dari seluruh dunia, begitu juga saat penutupan penampilan para pengisi acara mampu menghebohkan ranah twitter dengan lebih dari  400.000 cuit permenitnya.

Angka pasti keuntungan dari Asian Games sampai saat ini belum disampaikan secara resmi oleh pemerintah maupun pihak INASGOC dengan menggelontorkan dana 45 Triliun rupiah untuk pemabangunan, renovasi stadion olehraga dan perbaikan infrastruktur apakah akan menjadi jaminan Indonesia akan mendulang keuntungan?

Dukungan Pemerintah untuk Prestasi Olahraga

dok.pribadi

Terlepas dari segi ekonomi yang masih dalam perdebatan mengenai untung atau tidaknya, dapat langsung dilihat dampak lainnya dari segi kesejahteraan para atlet. Diakui oleh sejumlah atlet, para pelatih dan tim dari pelatnas pemerintah membenahi penyederhanaan birokrasi sehingga para atlet bisa lebih fokus dalam latihan serta ujicoba ataupun pertandingan demi mennerbitkan prestasi bagi bangsa.

Dalam diskusi bersama Forum Merdeka Barat 9 (FMB9), Bapak Imam Nahrawi selaku MenteriPemuda dan Olahraga Republik Indonesia, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada seluruh atlet juga masyarakat Indonesia yang telah mendukung Asian Games 2018.

Pelatih Panjat Tebing Hendra Basir mengatakan keberhasilan yang telah diraih oleh para atlet panjat tebing, yang tadinya ditargetkan 2 medali emas, tapi meraih 3 medali emas, bukan tanpa proses yang sesaat.

"Selain perjuangan dan pengorbanan yang telah dilakukan para atlet, ada sistem yang berjalan baik yang akhirnya membentuk keberhasilan para atlet. Dan sistem itu tidak akan berjalan jka tidak ada dukungan dari pemerintah," ungkap Hendra.

Bentuk dukungan pemerintah, antara yang dulu dan sekarang, menurut Hendra, cukup nyata. Misalnya, pada saat pemerintahan yang dulu, jika para atlet untuk mendapatkan peralatan panjat butuh waktu beberapa bulan, tapi sekarang saat persiapan Asian Games 2018, cukup cepat.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline