Dengan semakin meluasnya jangkauan internet, informasi dari berbagai sumber menjadi semakin mudah diakses dan terbuka lebar. Informasi ini bisa digunakan untuk menambah wawasan atau peluang belajar yang lebih luas, mendapatkan peluang kerja, menjajaki peluang investasi, dan peluang-peluang baru lainnya.
Bagi siswa sekolah, misalnya, internet saat ini sudah dianggap semacam kebutuhan. Sejak era pandemi, keterikatan dan ketergantungan siswa dengan internet semakin tinggi. Hal itu terutama dengan diberlakukannya proses belajar mengajar online.
Namun di luar itu, dunia maya (internet) adalah "wilayah" yang kaya dengan sumber-sumber pengetahuan, yang sebelumnya susah diakses di zaman pra internet. Siswa bisa mengikuti kursus-kursus online, mendapatkan insight dari banyak sumber di berbagai macam platform pembelajaran. Hal ini juga membuat belajar bagi siswa sekolah menjadi lebih mudah.
Kemudahan demi kemudahan terhampar di depan mata. Semua informasi, ilmu pengetahuan, tersaji dalam berbagai bentuk (visual, audio, audio-visual, interactive, dll) dari berbagai sumber dan berbagai bahasa. Bahasa Inggris yang merupakan bahasa internasional, banyak digunakan sebagai bahasa pengantar untuk berbagai materi pelajaran dan sumber ilmu pengetahuan.
Menariknya, dengan mempelajari ilmu tertentu dalam bahasa Inggris, juga berarti menjadi ajang belajar bahasa Inggris itu sendiri.
Kompas (15/09/2022) menuliskan bahwa diperkirakan ada sepertiga populasi dunia atau 2 miliar orang yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa sehari-hari.
Di samping mudah dimengerti, bahasa Inggris juga cukup mudah dipelajari (Kompas, 15/09/2022). Dengan kemajuan teknologi dan kemudahan akses informasi, semestinya bahasa Inggris semakin lebih mudah lagi untuk dipelajari.
Bahasa Inggris telah lama dijadikan sebagai salah satu mata pelajaran di sekolah-sekolah di Indonesia. Saat ini, rata-rata siswa yang mempelajari Bahasa Inggris di tingkat sekolah, mereka termasuk ke dalam Generasi Z.
Generasi Z (Gen Z)
Apa dan siapa generasi Z sudah sering dikutip dan dimuat di berbagai media. Dalam beberapa literatur disebutkan bahwa generasi Z adalah mereka yang lahir pada rentang tahun 1995 sampai 2010. Generasi ini bisa dibilang sangat melek digital.