Lihat ke Halaman Asli

Mirasari

Content Writer

Apa Itu AIDA, PAS, dan FAB dalam Copywriting?

Diperbarui: 21 November 2024   08:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber gambar: pexels.com

Copywriting merupakan sebuah seni menulis yang bertujuan untuk menarik perhatian, seperti teks iklan. Copywriting tidak hanya sebatas tulisan biasa saja. Ada teknik yang perlu diketahui sebelum menulis copywriting agar teks bisa efektif dan menarik di mata audiens.

Yuk kenalan dengan teknik copywriting AIDA, PAS, dan FAB.

sumber gambar: pexels.com

Mengenal Formula AIDA, PAS, dan FEB dalam Copywriting

AIDA (Attention, Interest, Desire, Action)


AIDA merupakan formula copywriting sederhana yang bertujuan memengaruhi konsumen melalui beberapa tahap.
- Attention (Perhatian): buatlah konsumen tertarik atau penasaran dengan judul copywriting anda.
- Interest (Minat): sajikan infomasi yang dapat memunculkan minat konsumen.
- Desire (Keinginan): buatlah konsumen ingin memiliki produk maupun jasa yang anda tawarkan.
- Action (Tindakan): buatlah konsumen agar bertindak seperti melakukan pembelian produk atau berlangganan.

Contoh formula AIDA pada brand wardah beauty:

PAS (Problem, Agitate, Solution)


PAS adalah formula dalam copywriting yang berfokus memberikan solusi kepada konsumen.
- Problem (Masalah): kenali masalah yang dialami oleh konsumen.
- Agitate (Agitasi): buatlah seolah-olah masalah yang dirasakan oleh audiens sangat penting.
- Solution (Solusi): memberikan solusi kepada audiens dengan produk atau jasa yang anda tawarkan.
Contoh formula PAS pada brand Gojek:

FAB (Features, Advantages, Benefits)

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline