Lihat ke Halaman Asli

30 Menit Meniti Literasi di Desa Jerukleueut

Diperbarui: 15 September 2023   20:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

instagram: @kkn.jerukleueut

Perpustakaan keliling merupakan pelayanan umum daerah yang mendatangi/mengunjungi pembacanya dengan menggunakan kendaraan darat (mobil atau motor) dan kendaraan air (perahu). Sehingga perpustakaan keliling adalah perpustakaan yang bergerak dengan membawa bahan perpuskaan untuk melayani masyarakat dari satu tempat ke tempat lain yang belum dapat terjangkau oleh perpustakaan umum. Perpustakaan keliling ini berfokus pada bacaan fiksi dengan tujuan meningkatkan daya tarik baca anak-anak dibidang kesenian. Adapun bacaan yang akan disediakan yaitu berupa kumpulan dongeng, cerpen, novel, dll.

Berikut adalah tujuan dan manfaat perpustakaan keliling:

  • Meratakan layanan informasi dan bacaan kepada anak-anak di daerah terpencil yang tidak memungkinkan adanya perpustakaan permanen.
  • Membantu perpustakaan umum untuk mengembangkan pendidikan nonformal.
  • Memperkenalkan buku-buku dan bahan Pustaka kepada anak-anak.
  • Memperkenalkan jasa perpustakaan kepada anak-anak.
  • Meningkatkan literasi dan mengembangkan minat baca serta cinta buku.

instagram: @kkn.jerukleueut

Program kerja 30 Menit Meniti Literasi ini dilaksanakan pada 11 september 2023 yang berlokasi di Desa Jerukleueut dengan sasaran siswa-siswi kelas 4-6 SDN 1 Jerukleueut dan siswa-siswi SMAN 1 Sindangwangi. Adapun kegiatannya dimulai pada pukul 07.00-08.30 WIB di SDN 1 Jerukleueut dan pada pukul 08.30-10.00 WIB di SMAN 1 Sindangwangi. Kegiatan 30 Menit Meniti Literasi ini bekerjasama langsung dengan Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Majalengka dengan mendatangkan Perpustakaan keliling yang berbentuk mobil agar dapat mengakses ke daerah pelosok seperti Desa Jerukleueut ini. 

Anak-anak sangat antusias mengikuti kegiatan 30 Menit Meniti Literasi ini karena kegiatan ini merupakan hal baru bagi mereka dan buku-buku yang disediakan berjenis fiksi, sehingga bagi mereka ini sangat menarik yang membuat mereka bersemangat mengikuti rangkaian kegiatan.

Kegiatan perpustakaan keliling ini dinamakan program kerja 30 Menit Meniti Literasi. Karena proses literasinya anak-anak akan diminta untuk membaca buku yang telah disediakan selama 30 menit sedangkan kata "Meniti" sendiri memiliki arti "menjalani". Sehingga dapat diartikan bahwa program kerja ini adalah 30 menit menjalani literasi.

30 Menit Meniti Literasi ini dimulai dengan pembukaan yang berisi sambutan dari pustakawan dan kepala sekolah, arahan kegiatan, absensi siswa sembari mengambil buku bacaan, kegiatan membaca selama 30 menit, pembagian doorprize bagi yang berani mempersentasikan hasil baca, dokumentasi kegiatan dan penutupan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline