Lihat ke Halaman Asli

MI Thoriqul Huda

Pusat Riset dan Berita Suku Tengger

Proses Intelektual Berbasis Ilahiah dan Budaya Suku Tengger di Madrasah

Diperbarui: 2 Agustus 2021   20:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumen pribadi

Besarnya kontribusi Pendidikan Islam terhadap kemajuan Pendidikan Nasional salah satunya ditunjukkan oleh lembaga pendidikan madrasah. Setidaknya ada peran penting di semua tingkat madrasah untuk menjadi benteng moralitas bangsa, lembaga pendidikan pencetak kader tokoh agama dan masyarakat, dan lembaga pemeliharan nilai-nilai budaya adat istiadat.

Madrasah hadir untuk memproyeksikan dan "mengintip" era yang berlangsung di masa depan. Keluhan dunia terhadap problem yang kian sulit dikendalikan harus dilihat sebagai tantangan untuk bergotong-royong bersama meringankan beban generasi mendatang.

" Kita harus tahu di 10 tahun mendatang akan seperti apa kebutuhan anak-anak terhadap tantangan zamannya. Covid 19 bukan hanya merubah tatanan ekonomi, tetapi juga merubah cara kita melihat perkembangan zaman. Long term planning di madrasah masih sangat relevan untuk mengantisipasi krisis yang paling berbahaya yaitu krisis akhlak, krisis moralitas, dan krisis kepedulian terhadap nilai-nilai agama dan budaya ". Tutur Hawin Fizi Balaghoni SP.d selaku kepala madrasah MI Thoriqul Huda Ranupani.

Dokumen pribadi

Konsep-konsep ideal islam seperti hablum minnallah, hablum minannas, dan hablum minal alam telah terbukti selaras dengan kondisi sepanjang waktu untuk merajut manusia yang kerja keras, disiplin, penuh suasana kebersamaan, toleransi, bergotong royong, optimisme yang menjauhkan dari putus asa, dan menjaga alam sekitarnya sebagai pusaka yang harus dapat diwariskan kepada anak cucu kelak. 

Timeline yang sejalan dengan pengetahuan masyarakat di Ranupani yang mayoritasnya adalah suku tengger adalah hadirnya madrasah juga memiliki peran untuk menggali falsafah kearifan lokalnya. 

Telah kita ketahui bersama bagaimana keharmonisan kepada Allah SWT, keharmonisan kepada sesama manusia, dan keharmonisan kepada alam sekitarnya begitu terjaga di dalam sosiologi masyarakat suku tengger di Ranupani.

Dokumen pribadi

Orientasi untuk upaya peningkatan mutu pendidikan madrasah menuju kearah yang lebih unggul (min al-ma'shiyati ila al -jamilati) haruslah dimulai dari menjaga nilai-nilai luhur kearifan lokalnya. 

Proses intelektual yang ada di madrasah diharapkan menambah nafas panjang membangun peradaban desa yang lebih baik. 

Bertemu dengan para sesepuh,tokoh masyarakat, dan tokoh pendidikan di kabupaten Lumajang merupakan upaya untuk mengedepankan proses kecermatan analisis, managemen madrasah, pemusatan pola hasil lulusan madrasah guna mencapai visi dan misi madrasah. Maju bersama Suku Tengger !!

Dokumen pribadi

Salam Kemajuan Pendidikan di Kaki Gunung Semeru, Ranupane - Lumajang, Jawatimur.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline