Lihat ke Halaman Asli

Miranti Rahmadini

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang

Kelompok 22 PMM UMM Ajarkan Pendidikan Seksual Anak Usia Dini di TK Mawar Indah 02

Diperbarui: 19 Oktober 2022   15:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Malang, 6 Oktober 2022 – Pelaksanaan Pengabdian Masyarakat Oleh Mahasiswa (PMM) Kelompok 22 Gelombang 11 dari Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) mengajarkan anak-anak TK Mawar Indah 02 tentang pentingnya pendidikan seksual anak usia dini. Mengingat bahwa pendidikan seksual di Indonesia masih dianggap sebagai hal yang tabu sehingga menyebabkan terjadinya banyak pelecehan seksual terhadap anak. Maka diperlukan adanya kesadaran untuk mengajarkan anak-anak sejak usia dini agar mereka mempunyai ilmu dasar yang cukup untuk menjaga diri mereka sendiri.

Kelompok 22 PMM UMM yang beranggotakan 5 orang mahasiswa yaitu Miranti Rahmadini, Ainul Millah, Nur Afifa Aulia, Adhe Pratama, dan Ahmad Najihan Fauzy ini dibimbing oleh Dosen Pembimbing Lapang Ibu Lailatul Mauludiyah, S.S., M.Pd.I.

Kegiatan ini disambut baik oleh kepala sekolah, guru, orang tua, dan anak-anak TK Mawar Indah 02 di Kota Batu. Kegiatan pengajaran yang berlangsung selama 1 jam berjalan dengan baik, melihat dari keantusiasan anak-anak yang berebut untuk menjawab permainan kuis dari pengajaran yang telah diberikan.

Dalam kegiatan tersebut anak-anak diberikan pemahaman berupa pengenalan anggota tubuh, bagian-bagian tubuh sensitif yang tidak boleh disentuh orang lain, jenis kelamin, dan hal yang harus dilakukan untuk menjaga diri. Kegiatan dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran anak mengenai bagian, fungsi, dan cara merawat dan menjaga bagian-bagian tubuhnya, terutama organ-organ reproduksi.

Miranti Rahmadini yang merupakan koordinator kelompok 22 PMM tersebut juga menjelaskan bahwa kegiatan tersebut diharapkan untuk membantu kesadaran dan membangun minat dalam belajar mengenal dan menjaga diri sendiri.

Mewakili kelompok 22 PMM UMM 2022, ia menyampaikan “Semoga dengan kegiatan ini dapat membantu para guru dan orang tua siswa TK Mawar Indah 02 dalam menjelaskan agar para siswa dapat lebih peduli dalam mengenal dan menjaga diri sendiri dengan baik,” jelasnya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline