Lihat ke Halaman Asli

Hemat Uang Belanja dengan Metode Food Preparation

Diperbarui: 19 Agustus 2024   12:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

                                                                                                 sumber gambar : Pinterest/Veronica Nova

Simplenya food preparation  adalah cara untuk menyiapkan bahan makanan untuk periode atau jangka waktu tertentu. Food preparation ini sangat bermanfaat untuk menghemat waktu dalam memasak karena bahan masakan yang akan diolah sudah disiapkan. 

Selain itu dengan metode ini juga menghemat uang belanja karena kita sudah merencanakan menu makanan yang akan dimasak untuk periode yang ditentukan sebelumnya, sehingga saat belanja mingguan atau bulanan lebih mudah untuk dikontrol. Metode ini sangat bermanfaat untuk ibu-ibu yang kesehariannya beraktifitas di luar rumah, dengan metode ini ibu-ibu dapat menyiapkan makanan yang bergizi dan proses memasak juga lebih cepat.

Untuk jangka waktu dan menu bias disesuaikan dengan keinginan masing-masing. Berikut langkah-langkah mudah membuat food preparation.

Tentukan periode yang digunakan untuk food preparation

Umumnya periode yang digunakan adalah satu minggu, luangkan waktu satu hari dalam seminggu untuk berbelanja bahan makanan yang akan diolah selama satu minggu.

Yang kedua tentukan menu masakan yang akan dimasak untuk satu minggu

 setelah menentukan menu masakan buat list bahan-bahan yang untuk masakan tersebut agar memudahkan saat berbelanja nanti. Pilihlah bahan masakan yang memiliki kualitas bagus sehingga bisa disimpan lebih lama.

ketiga bersihkan bahan-bahan masakan tersebut sebelum disimpan

Setelah semua bahan masakan dibersihkan, dipotong atau diiris sesuai dengan masakan yang akan dibuat. Untuk lauk pauk bisa juga dimarinasi sebelum disimpan ke dalam kulkas agar semakin memudahkan saat proses memasak. Bahan-bahan tersebut dapat disimpan dalam wadah yang tertutup kemudian dimasukkan ke dalam kulkas. Untuk cabe dan bawang sebaiknya disimpan dalam kondisi yang kering. Selamat mencoba.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline