Lihat ke Halaman Asli

Miranda Lukita

Saya seorang Mahasiswa Universitas Negeri Malang

Gotong Royong: Kearifan Lokal yang Mengakrabkan Mahasiswa KKN UM dan Warga

Diperbarui: 28 Juli 2021   09:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

MALANG- Gotong royong masih melekat dalam masyarakat Dusun Sumbergempol, Desa Pagelaran. Hal tersebut ditandai dengan diadakannya kegiatan seperti kerja bakti bersih-bersih desa yang dilakukan secara gotong royong oleh warga Dusun Sumbergempol.  Pada hari Jum'at 02 Juli 2021 kemarin tim KKN (Kuliah Kerja Nyata) Universitas Negeri Malang ikut berpartisipasi dalam kegiatan kerja bakti membersihkan salah satu makam yang ada di Dusun Sumbergempol tersebut.

Bersih makam dilakukan karena kondisi lingkungan makam banyak ditumbuhi rumput liar yang harus segera dibersihkan. Warga dan juga tim KKN Universitas Negeri Malang juga melakukan pembangunan lahan parkir di sekitar makam dengan berkontribusi semen kurang lebih 6 karung. Hal tersebut dilakukan demi kenyamanan warga sekitar terutama pengunjung makam, dan juga untuk menambah keindahan lingkuhan agar terlihat lebih bersih dan terawat.

Adanya program gotong royong membersihkan makam ini juga berguna dalam menjembatani hubungan antara tim KKN Universitas Negeri Malang dengan warga Dusun Sumbergempol, sehingga dapat terjalin tali persaudaraan yang baik di dalamnya. Karena dalam kegiatan kerja bakti tersebut selain bekerja membersihkan makam, tim KKN dan juga warga saling bercengkrama sehingga suasana kekeluargaan yang hangat tercipta.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline