Lihat ke Halaman Asli

Miranda Lukita

Saya seorang Mahasiswa Universitas Negeri Malang

Pengabdian dari Rumah: Dosen dan Mahasiswa KKN UM Melaksanakan Pembuatan Buku Panduan Pengelolaan Lingkungan

Diperbarui: 26 Juli 2021   12:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

DOKPRI


KKN UM sebagai wujud pengabdian khususnya dalam sektor pengelolaan lingkungan pendidikan ciptakan karya pengabdian berupa buku panduan dengan judul Panduan Pengelolaan dan Penataan Lingkungan Sekolah Dasar kepada masyarakat Desa Pagelaran, Kecamatan Pagelaran, Kab. Malang Jawa Timur. 

Program kerja berupa penyusunan buku ini telah  dilaksanakan pada tanggal 24 Juli dengan penyerahan buku kepada Ibu Susiati, S.Pd selaku guru di Madrasah Ibtidaiyah Mambaul Ulum di bawah koordinasi oleh tim KKN Desa Pagelaran yakni Teresa Lediana Larasati dan Bilgis Bayuti Anugera Millenium dengan supervisi Ibu Lohana Juariyah sebagai Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) sekaligus penanggung jawab lapangan kegiatan KKN yang dilakukan mahasiswa Universitas Negeri Malang di salah satu desa binaan UM, Desa Pagelaran Kecamatan Pagelaran.

Program kerja yang menyorot terhadap pengelolaan lingkungan sekolah dasar ini berangkat dari kepedulian mahasiswa KKN UM terhadap lingkungan sekolah dasar yang kurang diperhatikan selama masa pandemi saat ini, baik dari segi pengelolaan bangunan hingga tatanan lingkungan sekolah. padahal, seperti yang kita ketahui pengelolaan lingkungan sekolah yang baik tentu juga sangat penting bagi proses kegiatan belajar dan mengajar.

DOKPRI

Buku panduan pengelolaan dan Penataan lingkungan sekolah dasar ini ditujukan untuk Madrasah Ibtidaiyah Mambaul Ulum yang berlokasi di Desa Sumber Gempol  Peluncuran buku panduan ini sebagai upaya menindaklanjuti program kerja yang telah disusun oleh tim KKN UM. 

Buku panduan ini disusun, disesuaikan, dan dikembangkan berdasarkan keadaan nyata yang ada di Madrasah Ibtidaiyah Mambaul Ulum, sehingga diharapkan sekolah ini dapat dengan mudah mengelola lingkungan sekolah agar peserta didik lebih merasa nyaman dan semangat dalam kegiatan belajar mengajar setelah pandemic berakhir.

Buku panduan pengelolaan dan pematangan lingkungan sekolah dasar ini memiliki 39 halaman, terdapat beberapa fokus utama aspek pengelolaan yang dijabarkan pada setiap babnya. 

Terdapat 3 sub-bab diantaranya adalah Bab 1 yang membahas mengenai petunjuk umum dan dijabarkan menjadi 2 poin yaitu umum dan strategi dalam mengelola dan menata lingkungan sekolah, Bab 2 berisi tentang Pengelolaan dan Penataan Lingkungan Sekolah Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI) yang dijabarkan menjadi ada poin yaitu pengelolaan sanitasi, sampah, hemat energi listrik, pemanfaatan halaman sekolah sebagai lahan hijau untuk pembelajaran di luar kelas dan yang terakhir penataan ruangan kelas. Bab 3 penutup ada kesimpulan dan saran.

DOKPRI

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline