Lihat ke Halaman Asli

Bisa nggak ya Bahasa dan Gaya Gaul Dipakai Dalam Komunikasi Bisnis

Diperbarui: 24 Juni 2015   11:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Suatu saya dapat BBM dari seseorang yang baru invite BB saya karena dia mendapatkan dari brosur terkait dengan acara yang dikirim. Kalau lihat di profil BB nya, prediksi saya dia sudah 20 tahun ke atas karena dia usaha fotografi. Pertanyaan pertama, “eh lu kerja dimana?

He he, merasa kok tidak nyaman ya. Apakah karena saya beda generasi he he he…kr saya sudah 40 tahun. Terkadang saya bicara bahasa gaul dengan teman sebaya saya. Tetap saja saya merasa tidak nyaman, karena saya baru kenal dia. Akhirnya saya bilang kepadanya bahwa rasanya dia perlu bahasa lebih sopan. Lalu dia bilang, “saya biasa bahasa seperti gini, jadi nga kaku. Kalau harus diatur bicaranya jadi kaku, gimana bisnis mau lancar”. Akhirnya saya biarkan saja….

Kalau dilihat hal itu, bahasa gaul dimungkinkan dengan teman-temandalam suasana yang santai. Sedangkan untuk berkomunikasi dengan orang baru, harus disesuaikan dengan kondisi.

Sesuai dengan isi mini workshop lalu tentang analisa bahasa tubuh dan tulisan tangan calon/mitra bisnis, bahasa tubuh ternyata menunjukkan perasaan seseorang. Bisa dibilang bahasa tubuh itu jujur. Kalau kita berkomunikasi dengan orang lain tapi kita tidak nyaman, maka lawan bicara bisa mengetahuinya.

Terkait dengan komunikasi bisnis, awal terbaik adalah meluruskan niat. Saat niat baik maka akan tampak dalam bahasa tubuh kita bahkan dalam pandangan pertama.

Setelah itu perlu mengetahui mengenai sikap yang baik dan cara bicara yang baik dalam berkomunikasi bisnis. Hal ini bertujuan untuk memberikan kenyamanan di antara kita dan lawan bicara sehingga memperlancar komunikasi.Terkait dengan cara sikap yang baik dan cara bicara yang baik dalam berkomunikasi bisnis, kami mengadakan

Excellent Business Communication “Less than 5 minutes”

Yang akan disampaikan oleh Bayu Murti, SE, CH, CHt. Beliau senior trainer di Tantowi Yahya Public Speaking School, mengisi di berbagai perusahaan. Beliau juga mengadakan pelatihan Public Speaking dengan konsep FUN and SMART di salah satu Hotel bintang 5 Jakarta. Acara ini akan dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 29 juni 2013 jam 13.30 – 16.30 di Menara Anugrah Lt 25 Mega Kuningan Jakarta Selatan. Biayanya 150 rb sudah mendapat snack dan sertifikat.

Bagi yang berminat bisa menghubungi saya, Mira Kurniasarimelalui SMS/WA 081808510154 atau email : admin@SmartBusinessWorkhshop.com




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline