Lihat ke Halaman Asli

Mira Miew

TERVERIFIKASI

ASN di Purwakarta yang jatuh hati dengan dunia kepenulisan dan jalan-jalan

Film Buya Hamka: Antara Cinta, Kesetiaan dan Pengabdian pada Bangsa

Diperbarui: 12 April 2023   05:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto: dokumentasi Falcon Picture

Tanggal 30 Maret diperingati sebagai hari Film Nasional. Pemilihan tanggal 30 Maret karena pada tanggal tersebut lebih tepatnya 30 Maret 1950 merupakan hari pertama pengambilan gambar Film Darah dan Doa yang merupakan film lokal pertama. Film tersebut bercerita tentang perjuangan para pahlawan dalam melawan penjajah.

Dari film tentang sejarah pejuangan para pahlawan kemudian dunia per-film-am kita mengalami kemajuan yang pesat dengan lahirlah banyak film yang dibuat oleh sineas lokal bahkan banyak sekali film yang sudah Go-Internasional termasuk para pemainnya.

Film adalah media komunikasi audio visual yang mempunyai tujuan bukan sekedar hiburan semata namun juga memberikan informasi, fungsi edukasi dan bisa menyentuh emosi penonton.

Kita harus berterima kasih dengan adanya film, rumah produksi dan para sineas-sineas film Indonesia seperti Falcon Picture maupun Starvision Plus khususnya yang tidak sekedar membuat film untuk hiburan semata namun juga ada unsur edukasinya bahkan banyak film yang erat bercerita tentang  dengan sejarah kemerdekaan Indonesia. Salah satunya adalah film yang akan tayang sebentar lagi di bioskop tanah air yaitu Film Buya Hamka. Film ini akan tayang secara serentang mulai tanggal 20 April 2023 dan akan menjadi salah satu pilihan mengisi libur lebaran masyarakat Indonesia.

Gala Premier Film Buya Hamka

Komunitas Film Kompasiana (Komik) bekerjasama dengan Cinemagz dan Falcon Picture memberikan kesempatan kepada anggota Komunitasnya untuk hadir pada Gala Premier Film Buya Hamka dan saya termasuk yang beruntung bisa hadir pada kegiatan tersebut. Jarak Purwakarta - Jakarta selalu bukan jadi penghalang demi bisa menjadi bagian yang perdana menyaksikan Film Buya Hamka.

Foto: dokumentasi pribadi

Gala premier juga dihadiri oleh tokoh-tokoh penting dari mulai Gubernur Sumatera Barat hingga para selebritis maupun tokoh lainnya yang diundang untuk menonton perdana film Buya Hamka. Gala premier film Buya Hamka berlangsung dengan nuansa adat Minang yang kental. Para undangan yang hadir hampir sebagian besar menggunakan pakaian adat minang begitupula dengan para pemain, sutradara maupun produser. Selain itu undangan disuguhkan pula dengan tarian dan makanan khas dari daerah Minang. 

Foto: dokumentasi pribadi

Gala premier Film Buya Hamka juga serentak diadakan di 18 kota di seluruh Indonesia sehingga masyarakat yang terpilih bisa menyaksikan terlebih dahulu tayangan tersebut.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline