Lihat ke Halaman Asli

Mira Miew

TERVERIFIKASI

ASN di Purwakarta yang jatuh hati dengan dunia kepenulisan dan jalan-jalan

Mengenal Alpiadi Prawiraningrat, Pendiri dan Admin Media Sosial Urang Purwakarta

Diperbarui: 5 Agustus 2022   20:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Alpiadi Prawiraningrat. Foto : dokumentasi Pribadi Alpiadi

Awal Mengenal

Akhir Desember 2007 di suatu desa dengan suasana sejuk dan masih asri yang terletak di pinggiran kota tepatnya di Desa Cihanjawar Purwakarta, terdapat sekolah yang memiliki lapangan tanah yang luas dan kemudian dijadikan tempat Latihan Dasar Kepemimpinan SIswa (LDKS) yang dilakukan oleh Kesiswaan bekerjasama dengan OSIS. Pemilihan lokasi yang sangat jauh namun udaranya sejuk memang cocok digunakan untuk kegiatan tersebut. Dan itu kali pertama saya mengikuti kegiatan siswa.

Saat itu saya bekerja di SMPN 1 Campaka Purwakarta sebagai staf tata usaha yang setiap hari bekerja di depan layar komputer dan hanya berurusan dengan membantu tim kurikulum sekolah. Interaksi saya dengan siswa pun sangat jarang karena saya lebih banyak berurusan dengan guru dibanding dengan siswa. Karenanya ketika diminta ikut kegiatan tersebut saya pun menerima ajakan apalagi saya senang berpetualang ke alam yang masih asri.

Dalam kegiatan tersebut alhasil saya berinteraksi langsung dengan siswa-siswa terutama pengurus OSIS saat itu bahkan menjadi akrab dengan mereka. Ketika acara senggang, saya dan anak-anak OSIS memutuskan untuk bermain di sungai yang airnya sangat jernih dan ternyata menyenangkan sekali bisa menghabiskan waktu bersama mereka. Serasa punya adik banyak apalagi saya anak bungsu.

Setelah acara itu saya pun sering diminta membantu kegiatan OSIS maupun kesiswaan tentunya dengan tidak mengganggu pekerjaan utama saya. Kami sering menghabiskan waktu di saat weekend dengan berkumpul di rumah pembina kesiswaan yang biasa dipanggil Bunda yang berkenan menjadikan rumahnya sebagai tempat berkumpul anak-anak OSIS kala itu.

Dimata saya, mereka anak-anak yang luar biasa dan mampu menyeimbangkan antara kegiatan OSIS maupun pendidikannya. Buktinya nilai dan prestasi mereka tetap jalan padahal jarak rumah mereka ke sekolah sangat jauh karena saat itu hanya ada satu sekolah di Kecamatan Campaka dan Kecamatan Cibatu yaitu SMPN 1 Campaka. Karena kedekatan itulah di luar pekerjaan, saya lebih senang menjadi kakak bagi mereka dan mereka memanggil saya "Teteh" ketika di luar pekerjaan dan tetap memanggil saya "ibu" ketika di sekolah.

Diantara anak-anak OSIS tersebut ada seorang anak lelaki yang begitu aktif dan selalu membuat suasana menjadi menyenangkan. Nama anak tersebut adalah Alpiadi Prawiraningrat atau yang biasa dipanggil Adi.

Pemuda kelahiran Purwakarta tanggal 4 April 1993 dikenal selain sebagai sosok yang menyenangkan. memiliki prestasi baik di pelajaran dan memiliki suara merdu sehingga sering diminta untuk bernyanyi jika ada kegiatan di sekolah.

Setelah mereka lulus, komunikasi saya dengan Adi dan kawan-kawannya terus berlanjut. Mereka meskipun sudah alumni sangat tidak melupakan guru-guru ataupun staf tata usaha yang mereka kenal. Adi kemudian melanjutkan pendidikan ke SMA di kota Purwakarta yaitu SMAN 1 Purwakarta. Saat itu hanya beberapa saja alumni sekolah saya yang diterima di sekolah tersebut dan tentunya ada kebanggaan tersendiri apalagi SMP tempat saya bekerja dan tempat Adi sekolah adalah sekolah yang terletak di pinggiran kota.

Moment Awal berkumpul bersama Adi dan kawan-kawan. Foto : dokumentasi pribadi

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline