Bismillahirrahmanirrahim
Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh
Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan mengenai aktualisasi pendidikan Al-Qur'an pada anak sejak dini.
pendidikan Al-Qur'an di kalangan masyarakat muslim masih rendah. Dan diperlukan aktualisasinya ke dalam pendidikan formal dan non formal, salah satunya melalui kegiatan pembentukan kebiasaan. Ini bertujuan untuk mengetahui aktualisasi pendidikan Al-Qur'an melalui kegiatan pembentukan kebiasaan dan implikasinya terhadap kemampuan membaca Al-Qur'an . ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan psikologi menggunakan teori belajar behaviorisme. dan proses pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, studi dokumentasi, dan triangulasi. Nah
diketahui bahwa aktualisasi pendidikan al-Qur'an melalui kegiatan pembentukan kebiasaan , seperti dalam pemaknaan tajwid lebih menekankan pada konsep membaca dalam tahqiq. Dalam arti tadabbur terdapat ketentuan cerita islami. Dalam pengertian tahfidz hanya sebatas menghafal surat-surat pendek yang terdapat dalam juz 'Amma. Dalam arti latihan, pembiasaan mengucapkan dan menjawab salam. Dalam arti memelihara, diterapkan melalui amalan shalat fardhu berjamaah yang selalu hafal bacaan-bacaan shalat khususnya surat al-Fatihah. Implikasinya, peserta didik percaya diri, tegas, teliti dalam membaca huruf hijaiyah, memperkuat hafalan peserta didik khususnya surat al-Fatihah. Pembiasaan sholat sunnah dhuha berjamaah untuk membentuk sikap mandiri dalam mengaplikasikan surat al-Fatihah.
Demikian yang dapat saya paparkan mengenai aktualisasi pendidikan Al-Qur'an pada anak sejak dini, semoga bermanfaat
terimakasih..
waalaikumsalam warohmah tullahi wabarakatu