Lihat ke Halaman Asli

Inikah yang Namanya Ngumpul?

Diperbarui: 15 Oktober 2015   08:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Inovasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp

Berkumpul bersama keluarga dan teman-teman pasti sangat menyenangkan, bukan? Tidak hanya bisa mengobrol dan bercanda tetapi kita juga bisa melepas rasa kangen. Cafe dan rumah makan biasanya menjadi tempat favorit kita untuk berkumpul bersama mereka. Namun apakah kalian pernah mengamati atau menyadari fenomena yang saat ini sering terjadi saat kita sedang berkumpul bersama mereka?

Mungkin sebagian dari kalian menyadarinya. Ya, penggunaan gadget. Seperti kita tahu, di era modern ini setiap orang pasti memiliki smartphone. Namun sayangnya kebanyakan dari mereka sering kali tidak menggunakan smartphone secara bijaksana. Contohnya saat berkumpul bersama keluarga atau teman di sebuah restoran. Jika kalian mengamati, pasti kebanyakan dari mereka justru bermain smartphone mereka masing-masing. Dari awal datang hingga menjelang pulang mereka tidak ada hentinya bermain smartphone.

Ada yang sibuk dengan sosmednya, chattingan dan sebagainya. Memang tubuh mereka sedang berada di tempat yang sama, namun pikiran mereka ada di mana-mana. Tidak hanya para remaja, namun ada juga orang tua yang seperti itu. Saat berkumpul bersama anak-anaknya mereka malah asik bermain smartphone. Lalu apa manfaatnya berkumpul?

Pernahkah kalian mendengar atau membaca suatu kalimat “I fear the day that technology will surpass human interaction. We will have a generation of idiots.”? “Aku takut pada hari dimana teknologi akan melampaui interaksi manusia. Kita akan memiliki generasi idiot”. Sepertinya kalimat itu ada benarnya. Saat ini kita sedang berada di hari itu.

Mungkin ada baiknya kita mengingat- ingat masa lalu dimana teknologi belum berkembang pesat seperti saat ini. Kebersamaan dan kekeluargaan bersama keluarga dan teman-teman lebih terasa, bukan?

Nah, seharusnya kita bisa menggunakan gadget itu secara bijaksana. Kita harus tahu waktu dan tempat seharusnya kita menggunakan gadget sehingga kita bisa lebih merasakan dan menikmati kebersamaan bersama orang-orang terdekat kita dan waktu kebersamaan kita tidak terbuang sia-sia.

Bukan bermaksud pamer, namun jujur saja saat ini setiap kali saya berkumpul bersama keluarga atau teman-teman, saya selalu berusaha menahan diri untuk tidak bermain smartphone walaupun ingin. Ayo manfaatkan waktu kebersamaan kita selagi ada. Let’s be wise!




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline