Lihat ke Halaman Asli

Dampak Penggunaan Media Sosial bagi Remaja di Masa Pandemi

Diperbarui: 9 Juni 2022   12:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pada tahun 2020 penggunaan internet mengalami peningkatan yang signifikan hingga memasuki kuartal ii, yaitu mencapai  196,7 juta atau 73,7 dari populasi manusia (Jatmiko,2020). Menurut hasil dari riset  wearesocial Hootsuite, pada bulan januari 2019 di Indonesia  itu sendiri pemakai media sosial menempuh angka  150 juta atau setara  dengan 56% dari total populais masyarakat Indonesia (databoks, 2019). Saat ini  media sosial yang banyak digunakan antara lain facebook, instagram, whatsapp, telegram, tiktok dan  banyak jenis  aplikasi lainnya yang berbasis internet. Media sosial bisa memberikan dampak terhadap perubahan pola hidup masyarakat  bahkan didukung terhadap situasi yang mana kita diharuskan  semua kegiatan serba online saat pandemic  covid 19. Saat ini masyarakat cenderung banyak menggunakan aplikasi whatsapp untuk kebutuhan komunikasi dan bahkan whatsapp tersebut banyak digunakan sebagai sarana dalam melakukan bisnis dan mempromosikan barang dagangan melalui whatsapp. Keberadaan media sosial tersebut menjadi salah satu bukti bahwa media sosial dapat memeberikan dampak yang kuat  atas perubahan pola interkasi dan komunikasi dan juga perubahan didalam masyrakat  serta sosial. Adanya media sosial ini menjadikan semua orang dappat saling terhubung tanpa adanya batasan terhadap batas ruang maupun waktu. Terdapat berbagai jenis media sosial antara lain yaitu social networking atau yang disebut media jejaring sosial, blog, microblog, wiki atau media konten bersama , social bookmarking, media sharing. Munculnya media sosial tersebut  memberikan manfaat yang luas bagi masyarakat  untuk melakukan kegiatan bisnis secara online apalagi saat pandemic covid 19 kemarin semua usaha konvensial beralih banyak menjadi usaha online karena kondisi yang tidak memungkinkan untuk keluar rumah karena wabah tersebut. 

Penggunaan media sosial selain bisnis juga bermanfaat lain bagi emaja di masa pandemic ini yaitu remaja atau anak anak jaman sekarang dapat memperopleh suatu berita  secara gampang, seperti mencari informasi mengenai seputar hobi, informasi beasiswa bagi pelajar atau mahasiswa dan informasi berita terkini, remaja sekarang dapat dengan mudah terhubung dengan temannya maupun keluarga yg berjarak cukup jauh guna untuk mempererat tali persaudaraan agar tetap terjaga karena saat pandemic covid 19 interaksi sosial secara langsung terhalang oleh wabah covid 19 ini, dan remaja saat ini menggunakan media sosial untuk memeplajari hal hal baru yang menarik untuk dipelajari missal menonton video tutorial bermain gitar atau video tutorial memasak. Dan yang terakhir secara umum dilakukan kebanyakaan remaja saat ini yaitu memanfaat kan media sosial untuk jual beli online. 

Kegiatan jual belinonline ini sudah menjadi hal yang biasa bagi masyarakat sekarang  karena dengan belanja online dapat  mempermudah kita untuk tanpa perlu ke tempat pusat pemebrlanjaan secara langsung. Selain memiliki dampak positif penggunaan media sosial bagi remaja sekarang. 

Media sosial juga memberikan dampak buruk, dampak buruknya antara lain adalah menjadi remaja tersebut beresiko untuk mengabaikan atau acuh tak acuh terhadap orang orang disekitar dalam kehidupan sehari harinya karena nyaman dengan dunianya sendiri, interaksi secara langsung mengalami penurunan, kecanduan terhadap media sosial sehingga remaja sekarang secara tidak sadar banyak menghabiskan waktu didepan gadgetnya, rentan atau mudah terpengaruh buruk yang disebabkan olleh berita yang ada di media sosial. Bila kita mengabaikan media sosial tanpa filter amaka akan berpengaruh terhadap pola kehidupan sosiaal dan mengakibatkan remaja sosial saat ini cenderung individualism dan tidak peduli terhadap lingkungan disekitarnya, Oleh karena itu kita harus sebisa mungkin munkin memanfaat ddengan bijak  media sosial sesuai dengan kebutuhan kita semisal kebutuhan mengenai informasi dan komunikasi.

Daftar Pustaka

Agustiah, D., Fauzi, T., & Ramadhani, E. (2020). Dampak Penggunaan Media Sosial Terhadap Perilaku Belajar Siswa. ISLAMIC COUNSELING Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 4(2), 181. https://doi.org/10.29240/jbk.v4i2.1935

Fitri, S. (2017). Dampak Positif Dan Negatif Sosial Media Terhadap Perubahan Sosial Anak. NATURALISTIC: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2), 118--123. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v1i2.5

Gustina, I., & Yuria, M. (2021). Dampak Media Sosial Dimasa Pandemi Covid 19 Terhadap Prilaku Seksual Remaja. Sembadha 2021, 02, 304--308.

Harahap, M. A., & Adeni, S. (2020). Tren penggunaan media sosial selama pandemi di indonesia. Jurnal Professional FIS UNIVED, 7(2), 13--23.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline