Lihat ke Halaman Asli

Sampah

Diperbarui: 21 Februari 2024   09:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Horor. Sumber ilustrasi: pixabay.com/Mystic Art Design

Sampah adalah sisa buangan dari suatu produk atau barang yang sudah tidak digunakan lagi, tetapi masih dapat di daur ulang menjadi barang yang bernilai. Sampah organik adalah sampah yang berasal dari sisa mahkluk hidup yang mudah terurai secara alami tanpa proses campur tangan manusia untuk dapat terurai.

buanglah selalu sampah pada tempat sampah sekecil apapun sampah tersebut, jangan dibuang di sembarang tempat. - Pisahkan antara sampah organik dengan sampah anorganik. Tempat sampah di halaman Hijau = Organik Basah, Merah = Anorganik dan Abu-Abu = Organik Kering. - Pisahkan antara sampah medis dan non medis.

Dampak membuang sampah sembarangan akan merusak pemandangan, mendatangkan bau yang tidak sedap, mendatangkan banjir level rendah sampai yang tinggi, mendatangkan berbagai penyakit dan dapat mencemari lingkungan. Maka dari itu, mulai sekarang marilah kita membiasakan diri untuk tidak membuang sampah. 

Besarnya angka pembuangan sampah apabila tidak dikelola dengan baik, salah satunya dengan membuang sampah pada tempatnya, dapat menjadi masalah lingkungan yang fatal. Mulai dari banjir, kelangkaan air bersih, polusi udara hingga munculnya berbagai macam virus dan bakteri.

Lingkungan bersih dan sehat: Dengan membuang sampah pada tempatnya, kita dapat mencegah terjadinya pencemaran lingkungan dan penyebaran penyakit. yang dibiarkan berserakan atau dibuang sembarangan bisa menimbulkan bau tak sedap dan menjadi sarang bakteri dan virus.

Selain itu, dengan adanya tempat pembuangan sampah resm, masyarakat jadi lebih mudah membuang sampah, mengurangi biaya dan sumber daya untuk mengatasi masalah sampah yang dibuang sembarangan.

Mengapa kita harus membuang sampah pada tempatnya?

Sampah-sampah yang menumpuk dapat menjadi sarang penyakit. Hal ini dikarenakan virus dan bakteri-bakteri lainnya menyukai tempat-tempat yang sangat kotor dan bau untuk berkembang biak.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline