Lihat ke Halaman Asli

Apa Jadinya Perusahaan tanpa Costumer Relationship Management?

Diperbarui: 21 November 2021   23:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

www.secondcrm.com 

Saat ini Customer Relationship Management (CRM) merupakan sistem yang sangat penting dalam perkembangan bisnis. CRM merupakan suatu sistem yang bertujuan untuk menyatukan teknologi informasi dengan pemasaran dalam meningkatkan kepuasan konsumen. 

Sistem ini dapat membantu mengelola interaksi dengan pelanggan ataupun calon pelanggan, meningkatkan hubungan pelanggan, dan mengumpulkan pelanggan baru. 

CRM juga dapat merespon secara efisien terhadap perubahan keinginan pelanggan sehingga memperkuat pendapatan dengan mengurangi biaya pemasaran. Dengan kata lain, CRM sangat dibutuhkan dalam membangun bisnis terutama para salesperson maupun bagi tim marketing. Namun, apa jadinya perusahaan tanpa CRM?

Platfrom CRM berisi seluruh aktivitas pelanggan, melacak penjualan, mengatur, dan memprioritaskan peluang peningkatan bisnis. Perusahaan dapat dengan mudah menganalisis data interaksi dan riwayat pelanggan melalui dashboard software CRM. Jika perusahaan tidak menggunakan sistem CRM, perusahaan akan mengalami berbagai hal sebagai berikut :

  • Data pelanggan menjadi tidak beraturan
  • Menghabiskan waktu secara manual, contohnya memasukkan formulir kontak dari situs secara manual kedalam database
  • Ketidakmampuan menentukan ROI pemasaran
  • Membutuhkan waktu dan tenaga dalam mengumpulkan data untuk laporan, contohnya mengumpulkan banyak data dari beberapa sistem internal dan situs web eksternal seperti google maupun sosial media.
  • Sulit memonitor pelanggan dalam sosial media
  • Terlalu banyak data dibanyak tempat
  • Layanan pelanggan jadi berantakan. Saat memiliki masalah, sebagian besar pelanggan mengharapkan tenaga yang cepat. Jika tidak ada tanggapan, mereka akan beralih ke kompetitor lainnya.
  • Tidak ada sumber data yang valid tanpa perangkat lunak CRM. Ketika database customer dan perusahaan tidak disimpan dan dikelola dengan baik, hal ini akan menyulitkan siapa pun yang perlu mengaksesnya. Belum lagi adanya kemungkinan data silos, yaitu kumpulan data mentah milik satu divisi yang tidak dapat diakses oleh divisi lain.
  • Kesulitan untuk melihat gambaran utuh perusahaan.
  • Sulit untuk memahami hubungan dengan pelanggan. Aplikasi CRM membantu melacak, memahami, dan memperkuat hubungan bisnis. Beberapa fitur CRM seperti pelaporan dan menyimpan riwayat percakapan membantu bisnis untuk mengetahui dari mana pelanggan berasal. Tanpa memiliki sistem CRM, perusahaan hanya dapat menebak-nebak dan sulit untuk memperoleh sumber data yang dapat diandalkan.
  • Kepuasan pelanggan buruk.

Dalam berbisnis, peran CRM sangatlah penting. Tanpa sistem CRM, perusahaan akan sulit untuk berkembang, serta akan menciptakan berbagai tantangan dan kendala bagi sebuah bisnis. Penggunaan CRM dapat membantu perusahaan dalam berbagai hal, mulai dari manajemen database pelanggan, melacak dan mengotomatisasi proses bisnis, sales monitoring, hingga melacak KPI. Berbagai fitur tersebut memberikan berbagai dampak CRM bagi perusahaan, di antaranya mengelola dan menganalisis data lebih mudah, meningkatkan pelayanan kepada pelanggan, dan meningkatkan penjualan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline