Lihat ke Halaman Asli

Minhatin alfi

Minhatin alfi

Kegiatan Pengembangan Kreativitas Bahasa pada Anak

Diperbarui: 18 Desember 2020   17:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Shutterstock via dreamstime

Bahasa merupakan suatu sistem bunyi, perkataan dan bentuk atau struktur kata yang digunakan manusia untuk berkomunukasi. Kemampuan bahasa yang diharapkan berkembang menurut kurikulum 2013 PAUD meliputi :

  1. Memahami bahasa reseptif yaittu menyimak/mendengarkan dan membaca.
  2. Memahami bahasa ekspresif yaitu mengungkapkan bahsa secara verba (lisan berbicara) dan secara non verba (menulis).
  3. Mengenal keaksaraan literasi awal melalui bemain.

Mengembangkan bahasa pada anak usia dini berarti mengembangkan keaksaraan awal pada anak melalui berbagai aktifitas bemain yang kaya akan aksara. Keaksaraan dapat diartikan pengetahuan keterampilan yang berkaitan dengan membaca, menulis, berbicara dan mendengarkan yang diperlukan dalam kegiatan untuk fungis yang efektif di masyarakat.

1. Bermain Bahasa

Dalam permaianan ini dapat menggunakan pakaian, aksesoris, nyanyian, tarian yang dapat mendramakan suatu cerita sehingga disukai anak. Bermain seperti ini, melibatkan anak dalam mengalami pelibatan bahasa dan membantu mereka mengerti perlunya membaca untuk memahami sesuatu.

2. Bermain Bahasa Bernyanyi Bersama Anak

 Musik dan nyanyian adalah hal yang penting dalam mengembangkan pengenalan bunyi dan suara, khususnya yang digunakan untuk mengucapkan huruf. Selain itu menyanyikan lagu yang memuat irama dan cerita dapat membantu anak untuk mempelajari huruf baru sebagaimana mereka memahami irama dan isi lagu. Hal itu juga membantu untuk mengembangkan kemampuan anak dalam mencipta isi dan lagu sendiri.

Banyak anak-anak secara alami tertarik untuk bergumam atau menyanyikan lagu. Hal itu juga bermanfaat untuk membangun ketertarikan anak terhadap musik dan meningkatkan perkembangan keaksaraan anak pada waktu yang sama. Hal ini dapat dilakukan dengan bermain permainan lagu alphabet dengan anak dengan mencari benda-benda misalnya yang dimulai dengan huruf "B" bola, boneka, bunga dan seterusnya. Orangtua dapat membantu mereka untuk menjelaskan kosakata yang disebutkan anak-anak.

3. Bermain Dengan Permainan Sendiri

Dalam permainan ini bisa dilakukan misalnya dengan mengumpulkan benda-benda yang dimulai dengan huruf "D", misalnya daun, dadu, donat, duku, dan lain-lain.Bisa juga dengan menyebutkan kata yang dimulai dengan huruf "B" seperti bola, batu, buku, bolu, bata dll.

4. Bermain Membaca Gambar Bersama Anak

Ketika membaca bersama anak, minta mereka menjelaskan mengenai cerita apa yang telah mereka baca. Membaca bersama-sama membantu anak untuk mengekspresikan diri mereka sendiri secara verbal. Dari penelitian menunjukkan bahwa anak-anak dapat lebih mempelajari tentang huruf dan kosakata ketika orang tua membaca bersama-sama dengan mereka. Serta meminta anak-anak untuk menceritakan cerita yang mereka baca.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline