Jerome Bruner merupakan seorang ahli yang dibidang psikologi perkembangan dan psikologi kognitif. Pendekatannya tentang psikologi adalah eklektik.
Menurut Jerome Brunner, bahwa pentingnya belajar meliputi dari bagaimana cara seseorang dalam memilih, mempertahankan dan mentransformasi.
Belajar juga suatu proses yang dimana manusia dapat mencari tahu atau bereksplorasi dan menemukan hal-hal yang baru selain informasi yang diterimanya.
Jerome Bruner juga mengatakan dalam proses pembelajaran lebih baiknya jika guru memberikan kesempatan kepada siswanya untuk mencari tahu konsep, teori dan aturan yang anak-anak sering temui di sekitar lingkungannya.
Baca juga : Pentingnya Peran Orang Tua dalam Memanajemen Belajar Anak pada Masa Pandemi
Teori Jerome Bruner juga meliputi belajar penemuan atau discovery learning. Adapun penerapan-penerapannya dalam lingkup pendidikan anak usia dini sebagai berikut:
1. Pembelajaran Berbasis Lingkungan
Pastinya pembelajaran ini sangat berkaitan dengan pendidikan berwawasan lingkungan. Tentunya yang bertujuan anak harus diajarkan perilakunya untuk selalu menghargai lingkungannya.
Berawal dari anak yang dikenalkan tentang lingkungan dari sejak dini. Di lingkungannya anak akan lebih bebas dalam bersosialisasi dengan teman sebayanya atau orang yang lebih dewasa dari dirinya, dengan hewan dan juga tumbuh-tumbuhannya.
Karena mempunyai rasa ingin tahu, anak akan dapat memegang, melempar benda-benda dan juga minat yang kuat dalam mengamati lingkungannya.
Baca juga : Mendengarkan Musik Bisa Membantu Kita untuk Meningkatkan Semangat belajar