Lihat ke Halaman Asli

Tukang Ledeng Menduduki Posisi General Manager Customer Satisfaction and Public Relation di Mercedez Benz

Diperbarui: 25 Juni 2015   06:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

13337692081293531712

13337688821947360150

Tukang Ledeng Menduduki Posisi General Manager Customer Satisfaction and Public Relation di Mercedez Benz

“Keberhasilan bukanlah suatu kebetulan yang tiba-tiba datang, tapi keberhasilan adalah pilihan yang sulit sehingga dibutuhkan usaha  untuk mendapatkannya”...

Itulah ungkapan yang tepat untuk kisah seorang Tukang Ledeng yang bisa menjabat sebagai General Manager di perusahaan otomotif terbesar di dunia. Keberhasilannya berawal dari panggilan salah satu pelanggannya, Mr. Benz, Pimpinan Perusahaan Mercedez Benz, untuk memperbaiki kran air yang bocor di rumahnya. Namun, sangat disayangkan sekali Si Tukang Ledeng tidak dapat memenuhi panggilan Mr. Benz pada saat itu juga karena saat itu dirinya sedang disibukkan dengan orderan pelanggannya yang lain. Akan tetapi, si Tukang Ledeng menjanjikan akan datang dua hari lagi, dia bertanya kepada tuan Mr. Benz, “apakah Tuan bersedia menunggu sampai dua hari lagi?” kemudian Mr. Benz menyetujuinya.

Keesokan harinya, si Tukang Ledeng pun menghubungi Mr. Benz sekadar ingin mengucapkan terima kasih karena sudah bersedia menunggu. Karena keramahan cara pelayanannya tersebut, Mr. Benz pun merasa sangat terkesan dan kagum kepadanya.

Keesokan harinya si Tukang Ledeng datang memenuhi janjinya dengan tepat waktu. dia meng-otak-atik kran yang bocor tersebut dengan telaten. Akhirnya, selesailah pekerjaannya tersebut dengan sempurna. Hingga Mr. Benz pun merasa sangat puas.

Seminggu kemudian, si Tukang Ledeng pun menghubungi Mr. Benz kembali sekadar ingin menanyakan apakah kran yang pernah diperbaikinya tersebut sudah benar-benar beres ataukah masih bemasalah. Atas sikapnya ini, Mr. Benz kembali merasa puas, terkesan, dan kagum atas pelayanan si Tukang Ledeng sehingga dirinya berniat untuk mengangkat si Tukang Ledeng untuk bekerja di perusahaannya.

Lalu, apakah Mr. Benz menganggkatnya sebagai pengawas saluran air dan perledengan di perusahaannya?

Jawabannya adalah, BUKAN. Mr. Benz mengangkatnya untuk mengurusi customer Mercedez Benz, bukan karena kepiawaiannya sebagai tukang Ledeng, tapi karena sikapnya yang selalu berusaha memberikan kepuasan bagi pelanggannya walaupun hanya sebagai Tukang Ledeng. Sungguh tidaklah pernah terpikirkan oleh seorang Tukang Ledeng untuk bekerja melayani para customer perusahaan ternama yang sebelumnya dia tidak mengetahui bahwa pelanggannya tersebut adalah pemilik perusahaan ternama tersebut. Sang Tukang pipa tidak menyangka bahwa keramahannya melayani pelanggan, keinginan memuaskan pelanggan, bahkan hanya dianggap sekadar nilai tambah pekerjaan, ternyata memiliki nilai besar. Karirnya melesat tajam hingga menjabat sebagai General Manager Customer Satisfaction and Public Relation di Mercedez Benz, Perusahaaan otomotif terbesar dunia, dialah Christopher L.Jr.

Writen by: Mindyarina

(Kadept Ilmiy FPPI FIK UI 2012)

Disadur dari buku “No Excuse!” karangan Isa Alamsyah




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline