Lihat ke Halaman Asli

Empat Proposal Desain "Estadio Santiago Bernabéu"

Diperbarui: 24 Juni 2015   22:45

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Madrid, Spain. - Presiden Real Madrid, Florentino Pérez, pada akhir september lalu memberikan kejutan kecil bagi para Madridista dengan memamerkan empat proposal desain baru Estadio Santiago Bernabéu. Rencana ini seiring dengan ambisinya untuk menjadikan Bernabéu sebagai sebagai stadium berkelas dunia, sebagai "ikon arsitektural" serta "termasuk bangunan paling simbolik di Madrid, bahkan di dunia".  Realisasinya adalah dengan ekstensif membangun kembali eksterior stadium,  serta untuk interiornya menambahkan jumlah tempat duduk dengan detail tertentu secara keseluruhan. Empat proposal tersebut datang dari empat institusi arsitek ternama. Proposal pertama berasal dari Herzog & De Meuron bekerjasama dengan arsitek kawakan Spanyol, Rafael Moneo. Herzog & de Meuron juga dikenal dengan desainnya untuk stadium Allianz Arena, dan St. Jakob Park. Berikut ini bentuk proposalnya:

Proposal kedua, berasal dari Norman Foster, yang berpartner dengan Rafael de La-Hoz. Berikut ini proposal mereka:

Proposal ketiga berasal dari kerjasama tiga institusi arsitek yaitu GMP ArchitektenL35, dan Ribas. Berikut ini desain mereka:

Kemudian proposal yang keempat dan yang terakhir, berasal dari institusi arsitek Spanyol, Estudio Lamela bekerjasama dengan Populous. Lamela merupakan partner  lama Real Madrid dalam hal pembenahan konstruksi Bernabéu. Proposal mereka:

Tujuan dari publikasi desain ini adalah untuk mendapatkan umpan balik atau feedback dari fans terhadap desain mana yang menjadi favorit mereka. Proyek pengembangan ini menurut rencana akan dilaksanakan pada musim panas tahun depan, dan diharapkan selesai antara rentang waktu dua sampai tiga tahun sejak proyek dimulai. (Sumber: Stadium Guide)



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline