Lihat ke Halaman Asli

Sepakbola dan Pembangunan Anak Muda Sumatera Barat

Diperbarui: 23 November 2015   13:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bola. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Sumbar termasuk daerah di Indonesia yang paling banyak memiliki pelatih berlisensi A AFC. 

Diantaranya yang sekarang dikenal publik adalah Nilmaizar (Semen Padang), Indra Sjafri (Bali United Pusam), dan Jafri Sastra jadi menarik bagi publik dan media. 

Nilmaizar mulai menarik perhatian ketika dalam debutnya sebagai pelatih kepala membawa Semen Padang ke peringkat empat ISL 2010/11. Berlanjut menjadi pelatih timnas Indonesia. Sebelum pulang ke Semen Padang, sempat setengah musim di Persisam Putra Samarinda.   

Sementara Indra, tiba-tiba meroket bersama timnas U-19 ketika menjuarai AFF U-19 2013 dan lolos ke Piala Asia U-19 2014. Nama yang sedang naik daun dan buah bibir, membuat dia tak bisa menolak Bali United yang menyodorkan kontrak lima tahun untuknya. 

Bagaimana dengan Jafri? Inilah pelatih yang punya garis tangan baik. Berangkat dari pelatih sekolah sepakbola (SSB) dan lebih banyak beredar di klub-klub kasta kedua, ternyata mampu menunjukkan kemampuannya ketika dapat kesempatan melatih Semen Padang. 

Puncaknya, mampu membawa Semen Padang ke babak 8 besar ISL 2014, hingga melejitkan tim Kabau Sirah ke babak perempat-final Piala AFC 2013. Sayangnya, nasibnya tak begitu bagus karena dipecat manajemen Semen Padang, menjelang ISL musim 2015. 

Ironisnya, Jafri dipecat saat kompetisi belum dimulai, dan gagal di dua turnamen pramusim, Piala Walikota Padang dan Piala SCM 2015. Setelah sempat menganggur karena vakumnya kompetisi, Jafri akhirnya mendapat tawaran dari Mitra Kukar di Piala Presiden dan PJS ini. 

Selain mereka juga ada nama John Arwandi, Syafrianto Rusli, Emral Abus dan Jenniwardin. Nama-nama tersebut juga tak asing lagi di jagat sepakbola nasional. 

Di bawah mereka juga siap mengorbit sejumlah nama yang sudah mulai mengintip level tertinggi kepelatihan di Indonesia. Misalnya Delfi Adri, yang kini menjadi asisten pelatih Semen Padang dan sukses membawa tim Semen Padang U-21 juara ISL U-21 2014. 

Ada pula Welliansyah yang kini juga menjadi asisten pelatih Semen Padang, yang punya potensi besar dan bisa mengorbit sewaktu-waktu jika dapat kesempatan. Sama seperti Delfi, Welli yang membawa Semen Padang U-21 runner up ISL U-21 2010, kini sudah memegang lisensi B AFC.

Dari daerah lain juga ada yang baik

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline