Lihat ke Halaman Asli

Rusmin Sopian

Urang Habang yang tinggal di Toboali, Bangka Selatan.

Desa Rias, Lumbung Padi Bangka Selatan

Diperbarui: 26 Maret 2016   23:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Desa Rias adalah salah satu Desa di Kecamatan Toboali, Bangka Selatan yang ditetapkan Pemprov Bangka Belitung sebagai lumbung padi. Desa Rias dulunya merupakan kawasan pemukiman transmigrasi pertama di Bangka Selatan. Seiring dengan perkembangannya Desa Rias lantas ditetapkan menjadi Desa.

Desa Rias terletak sekitar 25 Km dari Ibukota Bangka Selatan Toboali. Jalanan yang mulus membuat jarak antara Toboali dan Rias dapat ditempuh dalam waktu sekitar 15 menit.

90% penduduk desa Rias Toboali adalah petani padi. Tak heran ketika kita memasuki Desa ini, hamparan sawah yang hijau telah menghampiri kita di Satuan Pemukiman (SP) A. Hamparan sawah milik para warga desa menjadi salah satu panorama yang sangat indah untuk dipandang mata.

Saat musim panen, maka kita akan melihat tumpukan padi yang dijemur para warga di halaman rumah mareka. Sementara di pusat-pusat penggilingan padi para petani sibuk menggiling padi untuk menjadi beras.

Desa Rias adalah pusat produksi padi di Bangka Selatan yang oleh Bupati terpilih bangka Selatan akan dijadikan kawasan ketahanan pangan. Bupati terpilih merencanakan akan membangun pasar pertanian sebagai usaha untuk mengekalasi kesejahteraan warga.

Kehadiran Pasar Tani ini diharapkan akan mampu memasarkan produk hasil pertanian para warga sehingga pendapatan para petani meningkat dan daya tawar petani terhadap produk mareka semakin baik.

Apalagi selama ini produk hasil pertanian warga Desa Rias bukan hanya khusus untuk konsumsi warga di kawasan bangka Selatan, namun beras Rias telah dikenal para penduduk Bangka Belitung.

Kalau suatu saat anda ke Toboali, bangka Selatan, jangan lupa untuk datang ke Desa Rias dan membeli beras sebagai oleh-oleh atau buah tangan. Ayo datang ke Rias. Salam Junjung Besaoh...(Rusmin)[caption caption="Hamparan sawah petani Desa Rias Toboali, Bangka Selatan (foto : Rusmin)"][/caption][caption caption="Hamparan sawah petani Desa Rias Toboali, Bangka Selatan (foto : Rusmin)"]

[/caption]



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline