Lihat ke Halaman Asli

Mim Yudiarto

TERVERIFIKASI

buruh proletar

Suara dari Dalam Batu

Diperbarui: 16 Oktober 2018   10:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Puisi. Sumber ilustrasi: PEXELS/icon0.com

Menyuarakan kelembutan waktu. Menanti tetesan hujan. Berbaik hati membuatkannya lubang. Lubang tempatnya menandai usia. Dari masa yang bertingkat jejaknya.

Sekaligus juga untuk mengintai. Di manakah awal badai. Sehingga bisa bertahan dengan nyaman. Meski angin ribut coba menghamburkan ancaman.

Suara dari dalam batu. Adalah suara rindu. Atas kelembutan yang mengurai semua kekerasan. Apakah itu dari hati ataupun kejadian. Ke dalam satu bejana. Sebuah wadah untuk memilah. Antara yang baik dan buram. Supaya kelak tak menimbulkan kesimpulan yang begitu suram.

Semua juga tahu. batu adalah wakil dari keteguhan. Batu karang yang tetap menjulang atas hantaman gelombang. Batu gunung yang sanggup menahan beratnya kepundan. Batu kali yang seringkali bisa menahan ganasnya air bah pada sungai yang selalu pasrah terhadap keadaan.

Suara dari dalam batu. Kedengarannya tidaklah merdu. Namun bila didengarkan baik-baik. Itulah sesungguhnya peringatan terbaik. Bagi kita yang kadang-kadang lebih suka membiarkan pikiran berkubang dalam pelik.

yang pada akhirnya mendorong kita untuk terjungkir-balik.

Bogor, 16 Oktober 2018




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline