Lihat ke Halaman Asli

Mim Yudiarto

TERVERIFIKASI

buruh proletar

Manusia-manusia Khayal

Diperbarui: 26 Mei 2017   11:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Puisi. Sumber ilustrasi: PEXELS/icon0.com

Berjajar jajar di atas kabel listrik bertegangan tinggi.  Menyusup dalam voltasenya.  Menyalakan ribuan lampu jalanan. Bersembunyi di antara silau untuk memata matai manusia yang berkeliaran malam.  Bisa saja sewaktu waktu memberi hukuman.  Kepada preman atau perempuan penjaja beha atau lelaki yang membelinya.

Ikut tenggelam dalam serat serat fiber optic telepon.  Mengikuti suara suara riuh rendah yang berkelebatan.  Ikut mendengarkan dengan seksama.  Sebelum akhirnya memutuskan ikut masuk dalam telinga.  Orang orang yang bergaduh tentang rakyat jelata lalu berlaluan begitu saja di atas jembatan yang hampir putus di dekat sekolah anak anak.

Berenang dengan puas di jaringan maya.  Sukarela bergabung dengan situs situs perdagangan manusia, situs teroris dan esktrimis yang siap meledakkan kepala siapa saja, situs perjudian yang menganggap miskin adalah kaya. Setelah itu mengendapkan diri dalam server server tempat para pengintip mempermainkan dunia dengan internetnya.

Manusia manusia khayal menciptakan teknologi bukan khayal.  Membuat kekacauan daripada kerunutan.  Semua akhirnya bergantung seperti buah kuldi yang enak namun beracun. 

Jakarta, 26 Mei 2017




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline