Lihat ke Halaman Asli

Tantri tantri

TANTRIANI DINAR ISMIA

Khasiat Bawang Merah untuk Rambut

Diperbarui: 14 April 2022   22:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Khasiat bawang merah buat rambut

Bawang merah jadi salah satu bumbu yang biasa dipakai buat bonus memasak. Bawang merah diketahui memiliki rasa tajam. Bau bawang merah tidak sangat tajam semacam bawang putih, tetapi isi gula bawang merah lebih besar.

Di balik keunggulan bawang merah buat masakan, bisa jadi tidak banyak orang menyangka jika bawang merah dapat efektif buat kecantikan. Di dalam rempah yang biasa buat masak ini ada isi vit A, vit C, serta vit E. Tidak cuma itu, bawang merah pula kaya hendak sulfur yang berperan menguatkan keratin pada tiap helai rambut. Tetapi buat kalian yang mempunyai kulit rambut sensitif, hati- hati sebab bawang merah dapat memunculkan rasa nyeri. Kalian dapat meningkatkan bahan natural semacam madu serta minyak zaitun buat menanggulangi rasa nyeri.

1. Menanggulangi rambut rontok

Rambut rontok merupakan permasalahan universal yang dialami oleh seluruh orang. Style hidup yang kacau, Kerutinan makan yang tidak sehat, tekanan pikiran, serta polutan area yang beresiko berakibat pada kesehatan rambut serta membuat helai rambut tidak bernyawa serta lemah. Modifikasi style hidup, makan santapan dengan gizi balance, serta memilah produk minyak rambut yang pas bisa sangat menolong kurangi rambut rontok serta kehancuran rambut. Nah, dikutip dari netmeds, kalian dapat menggunakan minyak rambut dari bawang merah yang dipercaya serta sangat direkomendasikan dapat tingkatkan perkembangan rambut serta menanggulangi seluruh permasalahan rambut. Triknya tumbuk ataupun blender bawang merah seperlunya. Diamkan paling tidak separuh jam, ambil sari bawang merah kemudian aplikasikan pada rambut.

2. Kurangi ketombe

Dilansir dari netmeds, watak antibakteri serta antiseptik yang kokoh dari minyak bawang merah menolong mencegah ketombe dari kulit kepala serta menyembuhkan peradangan kulit kepala dari dalam pangkal. Senyawa bioaktif ini menyehatkan folikel rambut, kurangi penipisan serta kehancuran rambut, dan menaikkan volume serta kekuatan pada surai akibat ketombe. Dikutip dari healthline, kalian dapat mencampurkan bawang merah dengan 2 metode. Awal, giling 2 sdm biji fenugreek, setelah itu rendam dalam 2 sdm juice bawang merah serta air buat membuat pasta. Setelah itu oleskan ke kulit kepala, diamkan sepanjang 30 menit, kemudian bilas sampai bersih. Kedua, campur 2 sdm gel lidah buaya serta 3 sdm juice bawang merah, kemudian oleskan ke kulit kepala, diamkan sepanjang 10 menit, setelah itu bilas hingga bersih. Bila rambut sangat bau sehabis memakai juice bawang, kalian bisa melanjutkan dengan sampo ringan serta bilasan cuka sari apel. Tuang 2 sdm cuka sari apel jadi 1 gelas air. Bilas larutan lewat rambut sehabis berakhir mandi.

3. Kurangi rambut beruban belum waktunya.

Banyak obat rumahan yang dapat kalian jalani buat menanggulangi rambut beruban saat sebelum waktunya. Dikutip dari healthline, salah satunya merupakan dengan bawang merah. Isi senyawa antioksidan pada bawang merah yang diucap katalase bisa menolong kurangi hidrogen peroksida di pangkal rambut. Perihal ini dikira melindungi rambut supaya tidak beruban. Triknya, gabungkan 3 sdt juice bawang dengan 2 sdt juice lemon. Oleskan kombinasi tersebut ke rambut serta kulit kepala serata bisa jadi. Diamkan rambut serta kulit kepala sepanjang 30 menit. Bilas serta pakai shampo lembut buat kurangi bau bawang. Selaku alternatif lain, kalian dapat merendam kapas dalam juice bawang merah, kemudian oleskan ke kulit kepala sambil dipijat. Bilas dengan sampo ringan sehabis 15 menit. Buat hasil optimal, jalani 3 sampai 4 kali seminggu.

4. Melembapkan rambut kering serta rapuh.

Dilansir dari healthline, bawang merah memiliki banyak senyawa yang bisa menolong membetulkan rambut kering serta rusak. Contohnya tercantum flavonoid, semacam kaempferol serta quercetin. Ini mempunyai watak anti- inflamasi, antioksidan, serta vasodilatasi( pelebaran pembuluh darah) yang menolong tingkatkan aliran darah ke kulit kepala. Triknya, buat sampo serta kondisioner natural dari kombinasi minyak bawang merah, teh hijau, daun kari, serta ekstrak kopi. Setelah itu terapkan pada kulit rambut semacam umumnya. Bilas sampai bersih hingga bau bawang lenyap.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline