Lihat ke Halaman Asli

MiliYanto

Mahasiswa Universitas Pamulang

Audit Manajement terhadap Efektivitas SDM (Dinas Perdagangan dan Perindustrian Sumber Daya Mineral) Kabupaten Sukabumi

Diperbarui: 12 Desember 2023   09:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

 A.  TINJAUAN PUSTAKAPenelitian  deskriptif  kualitatif  ini menggunakan  deskripsi  atau  gambaran  fakta  yang sistematis, faktual, dan akurat (Sugiyono, 2017). Pada titik ini, peneliti mendeskripsikan apa yang mereka  lihat,  dengar,  dan  rasakan.  Kemudian  mereka  memahami  secara  singkat   informasi  yang diperolehnya.Tujuan  dari  penelitian  ini  adalah  Dinas  Perdagangan  dan  Perindustrian  Sumber Daya   Mineral,   di   mana   sifat   manusia   (manusia   alami)   secara   mekanis   atau   deterministik menanggapi situasi yang terjadi di dunia internal.

Audit , Auditor Manajemen, Rencana strategi , konsep efektivitas, Sumber Daya Manusia.

B. METODE PENELITIAN

    a. Deskriptif KualitatifStudi  kasus  adalah format  deskriptif  kualitatif  yang  paling  umum  digunakan dalam penelitian. Jenis studi kasus berfokus pada unit tertentu dari berbagai fenomena, bukannya  air  (menyebar  di  permukaan).  Karena  karakteristik  tersebut,  penelitian  ini dapat sangat mendalam, sehingga model penelitian ini mempertimbangkan kedalaman data. Karena itu, penelitian ini mendalam dan "menembus" tujuan.

    b. Metode Pengumpulan DataMetode  pengumpulan  data  kualitatif  yang  menggunakan  metode  observasi biasanya   digunakan   dalam   tradisi kualitatif   karena   manfaat   empirisnya,   yang menjadikannya  metode  pengumpulan  data  dan  teknik  analisis  data  yang  paling independen sebagai berikut:

     1. Metode Wawancara Wawancara  mendalam  adalah  suatu  jenis  wawancara  dimana  informasi-informasi  yang  diperlukan  untuk  penelitian  dikumpulkan  melalui  tanya  jawab langsung antara pewawancara dengan orang yang diwawancarai atau informan, ya atau   tidak.Memiliki   pedoman   wawancara.Wawancara   jenis   ini   melibatkan interaksi  sosial  yang  relatif  lama  antara  orang  yang  melakukan  wawancara  dan orang yang melakukan wawancara.

     2. ObservasiUntuk  mengumpulkan  data  penelitian,  situasi  dan  kondisi  langsung  di lapangan diamati (pengindraan).

     3. Dokumentasi Salah  satu  metode  pengumpulan  data  dalam  metodologi  penelitian  sosial adalah metode dokumenter, yang pada dasarnya digunakan untuk mengkaji data  masa lalu.

   c. Jenis dan Sumber Data Data  Primer  dan  Sekunder  digunakan  dalam penelitian  ini  karena  mereka adalah data kualitatif, yang berfungsi sebagai landasan teoritis untuk penelitian ini.

     1. Data Primer Data   Primer   dan   Sekunder   digunakan   dalam   penelitian   ini   karena merupakan landasan teoritis untuk penelitian ini. Data kualitatif digunakan sebagai landasan penelitian.Visi, misi, dan rencana strategi penelitian juga diperlukan.

     2. Data SekunderData  yang  dikumpulkan  secara  tidak  langsung  dari  subjek  penelitian melalui    perantara  yang  berhubungan  dengan  subjek  penelitian  disebut  data sekunder.  Sesuai  dengan  Peraturan  Daerah  Nomor  4  Tahun  2016  yang  mengatur tentang  penyusunan  Rencana  Pembangunan  Jangka  Menengah  Daerah  (RPJMD) Bupati  Sukabumi  periode  2016-2021,  maka  Rencana  Strategis  (Renstra)  sektor Sumber   Daya   Mineral   dan   Jasa   Energi   Bupati   Sukabumi   pelayanan   akan dikembangkan sesuai dengan fungsi dan tugasnya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline