Lihat ke Halaman Asli

Mildasari Saiful Zahro

Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri

Pemanfaatan Digital Marketing pada UMKM di Masa Covid-19

Diperbarui: 29 Agustus 2021   10:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Pandemi Covid-19 telah membuat pola kehidupan masyarakat berubah secara drastis. Hampir seluruh aktivitas masyarakat dialihkan secara online mulai dari belajar, bekerja, sampai beribadah. 

Selain itu, di masa pandemi Covid-19 terdapat kebijakan yang telah diberikan pemerintah seperti Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). 

Sehingga, kebijakan tersebut mengharuskan seluruh masyarakat untuk melakukan aktivitasnya di rumah (Work From Home), yang bertujuan untuk memutus penyebaran virus Covid-19. 

Namun, dengan adanya peraturan dan kebijakan dari pemerintah telah membuat berbagai sektor khususnya pada sektor perekonomian mengalami dampak. Salah satunya adalah pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Desa Juwet adalah salah satu desa yang berada di Kecamatan Ngronggot, Kabupaten Nganjuk. Di Desa Juwet merupakan desa yang memiliki potensi lokal yaitu pada sektor pembibitan. 

Sehingga, mayoritas penduduk yang berada di Desa Juwet tersebut berpencaharian pada UMKM pembibitan yang beragam mulai dari usaha bibit tanaman buah, bibit tanaman herbal, sampai bibit tanaman hutan.

APAKAH ADANYA PANDEMI COVID-19 BERDAMPAK PADA SEKTOR PEMBIBITAN DI DESA JUWET ??????

Hasil observasi dan wawancara yang dilakukan oleh Peserta KKN-DR IAIN Kediri 2021 pada pelaku UMKM Pembibitan tersebut dapat disimpulkan bahwa pelaku UMKM pembibitan sebagian besar terdampak dengan adanya pandemi Covid-19. Hal ini disebabkan dengan adanya kebijakan salah satunya yaitu Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). 

Kebijakan tersebut membuat aktivitas pemasaran dan distribusi terhambat, apalagi bagi pelaku UMKM yang masih menggunakan sistem pemasaran secara konvensional dan belum mengenal sistem pemasaran dengan basis teknologi digital. Oleh karena itu, penjualan maupun omzet pelaku UMKM pembibitan tersebut menjadi menurun.

Berdasarkan permasalahan tersebut peserta KKN-DR memberikan suatu tindakan nyata untuk dapat meningkatkan hasil penjualan para pelaku UMKM Pembibitan. Tindakan nyata yang dilakukan adalah pemberdayaan masyarakat. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline