Lihat ke Halaman Asli

Mila Wati

Mahasiswa

Goes to Mini Zoo

Diperbarui: 27 Desember 2023   15:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Alhamdulillah, segala puji bagi Allah TPA Masjid Baiturrohmah Wiyoro Kidul, Baturetno, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta dapat menyelenggarakan kegiatan Tadabur Alam dan pembagian hasil pembelajaran santri yang diikuti oleh ustad/ustadzah, santri dan wali santri TPA Masjid Baiturrohmah pada Ahad, 24 Desember 2023. 

Kegiatan Tadabur Alam ini diselenggarakan selain memberikan semangat baru kepada para santri yang telah menyelesaikan ujian TPA dan telah mengikuti kajian TPA dengan baik, namun juga untuk mempererat silaturahmi bersama wali santri TPA Masjid Baiturrohmah. Tadabur Alam dan pembagian hasil belajar santri berlangsung di Mini Zoo Yogyakarta berlokasi di Jl. Kabupaten No. 99 Duwet, Duwet, Sendangadi, Kec. Mlati, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Kegiatan berlangsung selama setengah hari. Pukul 06.30 WIB para santri dan wali santri berkumpul di halaman Masjid Baiturrohmah kemudian berangkat menuju Mini Zoo Yogyakarta pada pukul 07.00 WIB dengan perjalanan kurang lebih 40 menit. 

Sesampainya disana santri dan wali santri diarahkan untuk menuju pendopo serta melanjutkan rangkaian acara yaitu pembukaan serta pembagian hasil belajar santri dan dilanjutkan dengan tur Mini Zoo yang di pandu oleh salah satu pemandu Mini Zoo. Mini Zoo terkenal dengan kebun binatang mini dengan luas sekitar 5 hektar, yang menampung berbagai satwa cantik dan menggemaskan. Sehingga membuat anak-anak gembira saat berkeliling area Mini Zoo. Terdapat Beberapa kelompok hewan, yaitu hewan yang dapat berinteraksi langsung dengan pengunjung seperti: kuda, kelinci, kura-kura, dan kambing. Kemudian ada pula hewan yang diternakkan khusus seperti: ular, iguana, burung langka, dan masih banyak lainnya. 

Mini Zoo Yogyakarta bisa dijadikan tempat untuk mengajarkan anak tentang mengenali binatang. Suasana segar dan asri saat memasuki Mini Zoo Yogyakarta, Sekilas terlihat seperti pedesaan yang membuat para pengunjung nyaman karna adanya taman dan pepohonan indah. Mini Zoo Yogyakarta memiliki kolam yang dirancang khusus untuk anak-anak yang hobi memancing atau menangkap ikan. Menariknya, ikan yang ditangkap bisa dibawa pulang untuk dipelihara. Kemudian juga terdapat area menanam bibit tanaman yang sudah disediakan serta diperbolehkan untuk membawa pulang hasil menanam tersebut. 

Harga tiketnya pun terjangkau dengan Rp.25.000 baik di hari biasa maupun hari libur. Pengunjung dapat membayar tiket tersendiri jika ingin mencoba wisata didalamnya. Jam buka pada hari biasa 08.30-16.30 WIB dan hari libur 08.30-17.00 WIB. Mini Zoo Yogyakarta masih tergolong baru. Karena Mini Zoo ini mulai beroperasi pada akhir tahun 2017. Tak heran, sebagian besar lahannya masih dalam tahap pengembangan. Tapi secara keseluruhan tempatnya menyenangkan dan selalu ramai pengunjung. Mini Zoo Yogyakarta mengusung konsep kebun binatang mini. Luas wilayahnya hanya sekitar 5 hektar. Koleksi satwanya memang tidak selengkap taman margasatwa pada umumnya. Karena ukurannya yang kecil, taman liburan ini menjadi destinasi wisata ideal untuk anak-anak. Tempat ini bisa menjadi tempat bermain dan belajar bagi anak hingga usia 13 tahun. 

Beragam hewan jinak dan aktivitas menarik tersedia untuk mengisi liburan keluarga. Lokasinya pun terjangkau tidak jauh dari pusat Kota Jogja. Koleksi satwa di Mini Zoo ini tidak sebanyak Gembira Loka atau Ragunan. Namun, semuanya dalam keadaan terawat dengan baik. Terdapat hewan peliharaan dan hewan langka, Semuanya tersedia dengan tujuan sebagai ruang edukasi khususnya bagi anak-anak. Tidak perlu khawatir karena setiap kebun binatang dijaga oleh pemandu yang sudah terlatih. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline