Lihat ke Halaman Asli

Mila Suntika

Mila suntika

Integrasi System HR Vs Metaverse

Diperbarui: 11 Februari 2022   11:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Inovasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp

Integrasi sistem adalah salah satu hal yang harus dimiliki perusahaan besar atau startup. Sistem informasi tidak dapat dipisahkan dari apa yang dikenal sebagai integrasi sistem. Keduanya dapat saling melengkapi, sehingga tercipta ekosistem/kondisi bisnis yang baik dan terstruktur. Untuk menciptakan sistem informasi yang baik bagi perusahaan, peran system integrator sangat diperlukan.

Kami seperti seorang kapten kapal yang berlayar dengan beberapa awak dan penumpang untuk menyeberangi lautan. Tentunya, seorang nahkoda harus bisa mengambil keputusan yang tepat dan dapat mengatur setiap awak kapal agar dapat berlayar dengan selamat sampai ke tujuan.

Nah, berarti nahkoda disini adalah sebuah sistem integrasi yang dapat menghubungkan antara banyak awak kapal dan mengatur jalannya kapal dan memberikan instruksi yang benar. Untuk itulah, jika anda memulai suatu bisnis dan memiliki organisasi, wajib untuk mengintegrasikan sistem yang ada di dalam bisnis anda. Pertama, kami akan membahas mengenai pengertian dari integrasi sistem.

Dari segi bahasa, sistem adalah sebuah proses yang terdiri dari beberapa komponen yang memiliki keterkaitan satu sama lain. Sedangkan integrasi adalah beberapa kondisi atau tindakan yang memiliki kesamaan sehingga dapat membentuk sebuah satu kesatuan utuh. Selanjutnya, dari segi istilah integrasi sistem dalam dunia IT adalah sekumpulan sistem informasi yang membentuk satu kesatuan utuh untuk mencapai tujuan tertentu dengan lebih komprehensif.

Jadi, sistem integrasi dapat mengumpulkan beberapa sistem informasi yang berbeda untuk digabungkan maupun disinkronisasikan untuk membentuk sebuah kesatuan.Coba anda mulai bayangkan, apabila anda memulai bisnis dan membuat perusahaan tanpa menggunakan sistem integrasi yang tepat.

Maka, perusahaan yang anda bangun akan kesulitan dalam sistem manajemen dan pengelolaan tiap departemen atau bidang dalam bisnis anda. Kemudian, anda akan mulai kalah bersaing dengan kompetitor lain yang telah menerapkan integrasi pada sistem informasi perusahaannya.

Setelah anda mulai memahami apa itu sebenarnya sistem integrasi, maka selanjutnya kami akan menjelaskan beberapa alasan pentingnya mengintegrasikan sistem pada perusahaan atau organisasi.


Mempermudah Proses Optimalisasi Sumber Daya

Alasan pertama adalah untuk mempermudah optimalisasi sumber daya yang ada. Untuk mengelola kebutuhan sistem dalam perusahaan, tentunya membutuhkan resource yang besar. Baik dari segi waktu, tempat, alokasi dana, dll. Untuk menciptakan kondisi yang menguntungkan, perlu untuk mengintegrasikan sistem. Optimalisasi di sini memiliki banyak kriteria, seperti mengganti atau menambah fitur dan sistem yang penting untuk meningkatkan kinerja bisnis Anda. Peran teknologi di sini sangat penting untuk mempersingkat suatu pekerjaan menjadi lebih efisien. Kemudian Anda juga bisa mengelola sumber daya manusia (SDM) dengan baik. Pastikan bahwa tugas yang diberikan kepada setiap individu sesuai dan konsisten dengan tanggung jawab yang diberikan. Dan terakhir, pastikan untuk selalu mengawasi pekerjaan setiap departemen saat mengerjakan sebuah proyek

Akses Data dapat Dilakukan secara Real Time
Alasan yang kedua, akses data dapat dilihat dan di monitoring secara real time atau langsung. Jadi, anda tidak perlu menunggu informasi terlalu lama dan mengecek berulang – ulang beberapa data. Pada era digitalisasi saat ini, anda harus bijak untuk memanfaatkan berbagai teknologi untuk menunjang karir anda. Misalnya saja, anda dapat mulai membuat sebuah data center (pusat data). Fungsinya disini untuk menampung banyak informasi yang tersimpan dalam basis data. Jadi, Anda dapat mengelola semua jenis data dengan cara yang bersih, mudah, dan cepat.
Anda juga tidak perlu menggunakan banyak dokumen (tanpa kertas). Di sisi lain, juga dapat menghemat biaya dan dapat digunakan untuk keperluan lain.

Memudahkan dalam Pengambilan Keputusan
Alasan yang ketiga adalah dapat memudahkan proses pengambilan sebuah keputusan. Jika anda menjadi seorang pemimpin, maka hal terpenting yang harus dimiliki adalah jiwa kepemimpinan (leadership). Setiap pemimpin tentunya harus mempunyai visi misi yang jelas untuk mengambil keputusan demi meningkatkan kualitas bisnis yang dijalankan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline