Lihat ke Halaman Asli

Mila Salamah

Mahasiswa PGSD yang antusias dan bermotivasi tinggi dengan kemampuan inisiatif serta selalu mencari tantangan baru.

Mahasiswa PGSD FIP UPI Melakukan Kegiatan Mewarnai Bersama Kelas 1D

Diperbarui: 28 Juli 2023   21:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Bandung, UPI

Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) telah melakukan kegiatan Program Penguatan Profesional Kependidikan (P3K) di Sekolah Dasar Negeri 054 Tikukur Kota Bandung. 

Kegiatan ini bertujuan kegiatan P3K yaitu mahasiswa dapat membantu selama kegiatan pembelajaran dengan melalui media pembelajaran, bahan ajar, atau dengan lembar kerja peserta didik sehingga siswa akan menjadi pribadi yang lebih kreatif. Selain itu, mahasiswa diharapkan agar mendapatkan bekal yang lebih mendalam dalam praktik kependidikan di sekolah

Tujuan siswa masuk ke sekolah adalah dapat melatih kedisiplinan, sosialisasi, dan juga kreativitasnya. Salah satu cara agar siswa dapat melatih hal tersebut adalah dengan cara mewarnai, sehingga Mahasiswa UPI menggunakan cara tersebut untuk pelajaran seni rupa di kelas 1.  Tidak perlu dengan menggunakan peralatan mahal, cukup menggunakan alat-alat yang sederhana seperti cutton bud, pewarna makanan, air, dan gelas plastik siswa dapat mengerjakan kegiatan mewarnai bersama-sama.

Kegiatan mewarnai dapat termasuk ke dalam capaian pembelajaran "Menciptakan karya dengan mengeksplorasi dan menggunakan elemen seni rupa berupa garis, bentuk, dan warna secara visual sesuai tahap perkembangan seni rupa anak tahap prabagan", karena melalui kegiatan tersebut siswa kelas 1 dapat membedakan warna dengan baik, terutama warna primer dan warna sekunder.

Pada awalnya siswa akan ditayangkan media pembelajaran mengenai warna primer dan sekuder. Lalu siswa akan dibagi menjadi berkelompok untuk menggunakan pewarna makanan bersama dengan teman yang lainnya. Siswa akan mencoba mencampur dua warna primer yang akan menghasilkan warna sekunder. Setelah itu siswa secara individu akan mewarnai pada kertas yang telah disediakan sesuai dengan warna primer dan warna sekunder.

Dok Pribadi

Selanjutnya siswa juga akan mewarnai dengan menggunakan warna yang ingin digunakan.

Sumber gambar: dyp.im

Dengan melalui kegiatan ini siswa dapat mempelajari warna dengan cara yang menyenangkan. Selain itu siswa kelas 1 juga dapat belajar mengenai kedisiplinan karena selama kegiatan ini siswa harus diam ditempatnya masing-masing untuk menghindari pewarna yang tumpah. Siswa juga dapat meningkatkan kreativitas, meningkatkan fokus, dan juga siswa dapat bertanggung jawab menyelesaikan tugasnya hingga akhir.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline