Lihat ke Halaman Asli

Mila Febriana

Mahasiswi

Startegi dan Taktik dalam Meningkatkan Reputasi dan Citra Universitas Muhammadiyah Jakarta

Diperbarui: 23 Mei 2023   01:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Universitas muhammadiyah Jakarta adalah salah satu kampus perguruan tinggi swasta dengan basic islam di Jakarta yang berbatasan langsung dengan kota Tangerang selatan. Saat ini, UMJ memiliki beberapa jumlah fakultas dan kejuruan dengan mahasiswa aktif sebanyak 20.345 orang yang dipimpin oleh seorang rector bapak Dr. Ma'mun Murod Al-Barbasy, M.Si., seorang akademisi, pengamat politik, dan tokoh Muhammadiyah.

Reputasi kampus Universitas Muhammadiyah Jakarta adalah aset penting dan harus dimiliki oleh lembaga bukti keberadaan dan kualitas lembaga. Reputasi kampus mencerminkan kualitas pendidikan dan prestasi kampus sebagai indikator keberhasilan program pendidikan sekolah tersebut. Tentu saja tidak dengan waktu yang singkat dan berbagai hal seperti peluang, hambatan, tantangan bisa dikelola dengan terampil. Peran public relations dalam menangani reputasi dan bisa memberikan gagasan untuk meningkatkan reputasi masa depan dengan strategi yang tepat dan berguna adalah sarana untuk mencapai sesuatu reputasi yang diinginkan. Seorang pakar humas, Ahmad S. Adnanputra dalam naskah workshop PR Strategy mengatakan bahwa strategi adalah bagian terpadu dari suatu rencana (plan), sedangkan rencana merupakan produk dari suatu perencanaan (planning), yang pada akhirnya perencanaan adalah salah satu fungsi dasar dari proses manajemen.

Pelaksana Humas UMJ dalam iplementasi tindakan dan komunikasi dilakukan melalui beberapa teknik komunikasi, yaitu, Redundancy (repetition); Canalizing; Informatif; Persuasif; dan Edukatif. Pada strategi redudancy dan canalizing, humas UMJ menggunakan media massa secara berkala dan berulang-ulang sebagai media komunikasi karena memahami kebiasaan dan menyesuaikan dengan kebiasaan kelompok sasaran kampus UMJ di berbagai indonesia yang merupakan masyarakat milenial cenderung menggunakan media social seperti Instagram dan webside. Melalui penggunaan media sosial ini tim humas Universitas Muhammadiyah Jakarta membuat akun Instagram dengan berisikan informasi-informasi ringan seperti jadwal PKKMB, ucapan hari nasional, serta sekmen "campus update". Sedangkan pada website UMJ tim humas memberikan informasi yang cukup serius seperti berita update terkait UMJ, sejarah UMJ, cara registrasi masuk UMJ dan masih banyak lagi. Pada teknik informatif, persuasif, dan edukatif, dilakukan dengan memberikan pemahaman, menerangkan sesuai dengan fakta yang ada, meyakinkan dengan cara membujuk, tapi tetap dengan memberikan fakta yang dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Dengan ini UMJ melakukan kunjungan sekolah SMA/SMK dengan membagikan brosur dan memperkenalkan kampus melalui materi-materi yang relavan serta memberikan info seperti berbagai macam beasiswa yang dapat diraih.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline