Lihat ke Halaman Asli

KKN UNDIP: Sosialisasi Layanan Pengaduan Masyarakat SP4N-Lapor kepada Ibu-Ibu RT 009 RW 001 Kelurahan Lubang Buaya

Diperbarui: 12 Agustus 2022   13:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Jakarta (17/8/2022). Mila Dwi Yanti, mahasiswa Ilmu Pemerintahan Universitas Diponegoro sekaligus peserta KKN Tim II UNDIP Tahun 2021/2022, dalam melaksanakan program kerja berbasis SDG's melakukan rangkaian kegiatan sosialisasi mengenai layanan pengaduan masyrakat yang dimiliki oleh pemerintah untuk masyarakat yaitu layanan SP4N-Lapor.

Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik, Indonesia sebagai salah satu negara yang menganut sistem demokrasi terus berusaha untuk memberikan ruang dan kesempatan kepada masyarakatnya untuk dapat terlibat dalam pembangunan. Dalam mengimplementasikan bentuk dari demokrasi, pemerintah Indonesia membuat sebuah kanal ataupun saluran agar masyarakat dapat menyampaikan aspirasi, masukkan ataupun kritikan yang berkaitan dengan seluruh proses penyelenggaraan pemerintahan pembangunan kemasyarakatan oleh pemerintah melalui aplikasi SP4N-Lapor (Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat).

Saat memberikan pengaduan atau kritikan tidak hanya terkait dengan kinerja pemerintah dalam pelayanan publik saja, tetapi mengenai permasalahan lain seperti permasalahan lingkungan yang ada di sekitar masyarakat. Jika masyarakat merasa memiliki permasalahan lingkungan misalnya mengenai penggalian jalan sembarangan, penebangan pohon sembarangan, banjir, ataupun permasalahan lainnya dapat mengadukan permasalahan tersebut di aplikasi SP4N-Lapor. Karena layanan SP4N-Lapor ini dapat dijadikan wadah oleh masyarakat untuk memberikan aspirasi serta aduan yang dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik, maka diadakannya sosialiasi mengenai layanan SP4N-Lapor sangatlah penting.

Dokpri

Sosialisasi ini dilakukan di RT 009 RW 01, Kelurahan Lubang Buaya yang dihadiri oleh Ketua RT 09 beserta ibu-ibu RT 09 yang sedang melakukan kegiatan arisan rutin bulanan. Sosialisasi dilakukan dengan memberikan edukasi secara langsung sekaligus memberikan flyer kepada audience. Selain itu, mahasiswa juga memasang poster terkait ajakan memberikan aspirasi atau pengaduan terkait permasalahan lingkungan di sekitar lingkungan RT 09 dan memasang standing banner di Kelurahan Lubang Buaya. Dalam sosialisasi tersebut juga dibuka sesi tanya jawab dan para ibu-ibu sangat aktif bertanya dan kegiatan diakhiri dengan sesi foto bersama.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline