Lihat ke Halaman Asli

Memanfaatkan Pesatnya Perkembangan Teknologi, Mahasiswa KKN UM Mengembangkan Website Branding Potensi Wisata Desa

Diperbarui: 27 Juli 2021   13:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Pakisjajar (02/07), Berbagai program kerja telah dilaksanakan oleh mahasiswa KKN UM 2021 di desa Pakisjajar. Salah satu produk dari program kerja yang direncanakan adalah situs website. Program ini dibuat melihat dari potensi dari desa pakisjajar (terkhususnya di Dusun Trajeng) yang seharusnya dikembangkan dan dipublikasikan kepada khalayak umum yang tak terbatas.

Berdasarkan pengamatan yang telah dilakukan pada saat observasi, tim KKN UM melihat bahwa desa Pakisjajar masih belum memiliki media informasi, komunikasi dan pemasaran yang dapat diakses secara online. 

Padahal di tengah kemajuan teknologi yang semakin pesat menjadikan kebutuhan akan informasi untuk masyarakat pun semakin meningkat. Ditambah dengan adanya new normal yang mengharuskan protokol kesehatan dilaksanakan dengan ketat menyebabkan kebutuhan informasi yang cepat dan akurat menjadi suatu hal penting. 

Oleh karena itu, pengembangan website branding potensi wisata desa menjadi salah satu upaya  dari mahasiswa KKN dan pemerintah desa untuk menyediakan informasi sekaligus branding desa Pakisjajar.

Dokpri

Pengerjaan dimulai pada Kamis, 1 Juli 2021 dengan pembagian tugas kepada masing-masing anggota tim. Setelah adanya pembagian tugas, masing-masing anggota mulai mengerjakan bagiannya secara bertahap. 

Dimulai dengan memutuskan konsep dari website yang akan dibuat, membuat gambaran terhadap design dari website, pemilihan fitur-fitur dan konten-konten yang akan dimuat di halaman website. Selama kurang lebih 3 minggu, mahasiswa KKN UM mengembangkan website yang ada secara 'keroyokan' hingga akhirnya menjadi sebuah situs website yang berisikan informasi-informasi terkait dengan desa Pakisjajar.

Situs  yang dikerjakan oleh 3 orang mahasiswa ini dirancang  sedemikian rupa agar   menarik  minat wisatawan atau pengunjung yang ingin berkunjung dan juga sebagai wadah informasi dan komunikasi. Arief Yulistyo Nugroho selaku penanggungjawab program ini mengatakan bahwa, "Kami membuat website ini dengan tujuan untuk mempromosikan daerah wisata yang ada di desa Pakisjajar. 

Selain itu, website yang kami buat juga berisikan informasi-informasi tambahan seperti berita dan sejarah terkait dengan desa Pakisjajar. Kami berharap dengan adanya website ini, dapat membantu masyarakat dan juga pengunjung yang ingin mengetahui tentang desa Pakisjajar."

Dokpri

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline