Lihat ke Halaman Asli

Penambahan Koleksi Buku di Gubuk Baca Desa Trajeng untuk Menumbuhkan Sikap Gemar Membaca

Diperbarui: 27 Juli 2021   08:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

MALANG – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata ( KKN ) Universitas Negeri Malang yang bertempat di Desa Pakisjajar tepat nya di Dusun Trajeng, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, membantu mewujudkan sikap gemar membaca melalui kegiatan donasi bukuSaat ini perkembangan teknologi sangat pesat dan gaya hidup masyarakat juga berubah, anak-anak cenderung lebih memilih memainkan gadget nya dari pada meluangkan sedikit waktu untuk membaca, jika diperhatikan anak-anak lebih suka berkumpul dengan temannya hanya untuk game online. Kurangnya minat baca anak-anak sedari dini berakibat pada kurangnya produktivitas anak,dan anak akan cenderung untuk merasa malas, ini membuat menurunnya kualitas Sumber Daya Manusia. 

Oleh karena itu dibutuhkan suatu langkah untuk menumbuhkan minat baca anak - anak, suatu langkah tersebut dapat berupa membangun perpustakaan mini, taman bacaan ataupun pojok baca di tiap - tiap lingkungan desa, sehingga mahasiswa KKN UM berinisiatif membuat program kerja yang dapat menumbuhkan sikap gemar membaca di Desa Pakisjajar.

Sebelumnya program peningkatan minat baca sudah di kembangkan oleh salah satu warga di Desa Pakisjajar yaitu Ustadz Yanto, beliau membuat sebuah sarana membaca “Gubuk Baca” yang saat ini masih proses pengerjaan. mahasiswa KKN UM ingin mendukung program tersebut dengan membantu menambah koleksi buku melalui kegiatan pengumpulan donasi buku.

Program kerja ini dilaksanakan sejak tanggal 24 juni hingga 22 Juli 2021, dengan menyebar brosur pembukaan donasi di media sosial seperti instagram dan WhatsApps. Kriteria buku yang dibutuhkan adalah buku pengetahuan yang mengandung unsur agama islam.  Penyerahan buku hasil dari donasi buku dilaksanakan pada Hari Jum’at, 23 Juli 2021 yakni hari ke-43 KKN tepatnya di mushola dusun trajeng dan TPQ Panti Asuhan Nurul Hadi.. Program kerja ini diharapkan dapat memberikan semangat dan terwujudnya sikap gemar membaca agar wawasan mereka bertambah luas sehingga Sumber Daya Manusia di Desa Pakisjajar semakin berkualitas.

dokpri

dokpri




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline