Lihat ke Halaman Asli

Sayuran Organik Trend Konsumsi Bahan Makanan Sehat di Tahun 2023

Diperbarui: 18 Mei 2023   18:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Konsep organik adalah metode penanaman yang dilakukan tanpa menggunakan bahan kimia sintetis. Penanaman organik ini dilakukan dengan menggunakan metode bahan alami seperti kompos, mikroorganisme, dan sistem pengendalian hama dan penyakit organiknya pun dipilih yang ramah lingkungan.

Makanan organik memang memerlukan biaya yang sedikit lebih mahal dibandingkan dengan makanan non-organik. Namun, manfaat kesehatan yang didapat dari makanan organik ini sebanding dengan biayanya. Berikut adalah beberapa manfaat makanan organik yang perlu Anda ketahui:

1.  Mengurangi risiko terkena penyakit kronis

Makanan organik mengandung lebih banyak nutrisi daripada makanan non-organik, seperti vitamin, mineral, dan antioksidan. Kandungan nutrisi yang lebih tinggi ini dapat membantu mengurangi risiko terkena penyakit kronis seperti diabetes, penyakit jantung, dan kanker.

2. Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Makanan organik mengandung lebih banyak serat daripada makanan non-organik. Serat adalah zat yang diperlukan oleh tubuh untuk membantu sistem pencernaan bekerja dengan baik. Dengan mengonsumsi makanan organik yang kaya serat, Anda dapat menjaga kesehatan sistem pencernaan dan mencegah terjadinya sembelit dan gangguan pencernaan lainnya.

3. Membantu menjaga kesehatan lingkungan

Tanaman yang dihasilkan dengan metode pertanian organik menghindari penggunaan bahan kimia sintetis seperti pestisida dan pupuk buatan. Penggunaan bahan kimia tersebut dapat mencemari air, tanah, dan udara. Dengan mengonsumsi makanan organik, Anda ikut membantu menjaga kesehatan lingkungan sekitar.

Bahan makanan organik memiliki beragam jenis sayuran, buah, camilan, dan rempah organik yang dapat Anda beli secara online ataupun offline. Bahkan sampai dengan textile atau pun product peralatan rumah tangga seperti centong, mangkok, dan segala macam jenisnya dibuat menggunakan kayu di poles menggunakan madu dengan sedikit cara perawatannya. Di tahun 2023 ini banyak restoran atau pun francise berkontribusi dalam memelihara lingkungan dengan mengubah bahan beras menjadi nasi organik atau menjajakan menu-menu organik 

Era digital seperti sekarang, toko online menjadi salah satu pilihan terbaik bagi banyak orang untuk berbelanja. Hal ini juga berlaku untuk belanja makanan organik. Salah satu nya Lojin Organic Store hadir sebagai toko online dan offline yang menjual berbagai macam makanan organik dengan harga yang terjangkau.

Selain itu, toko yang menjual barang organik juga memberikan informasi tentang manfaat dan cara mengolah makanan organik melalui website lojin.co.id dan media sosial Lojin Organic Store mereka. Dalam website tersebut, Anda dapat mempelajari lebih banyak tentang makanan organik dan manfaatnya bagi kesehatan tubuh dan lingkungan sekitar.

Dan sekarang telah berdiri 2 cabang Lojin Organic Corner, di daerah simprug kebayoran lama Jakarta, dan di daerah BSD Tangerang tepat nya di Carsteinz Mall di Toko Rezeki Fresh Market.

Dalam kesimpulan, bahan makanan organik yang dijual dijamin kesegarannya dan bebas dari pestisida dan pupuk buatan. Selain Anda juga dapat mendapatkan manfaat kesehatan yang besar dengan mengonsumsi makanan organik. Dengan memilih makanan organik, Anda ikut membantu menjaga lingkungan sekitar dari dampak buruk bahan kimia sintetis.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline