Lihat ke Halaman Asli

Mike Reyssent

TERVERIFIKASI

Kejujuran Adalah Mata Uang Yang Berlaku di Seluruh Dunia

Anomali Kosta Rika Menorehkan Sejarah Baru

Diperbarui: 8 Juni 2016   20:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

http://www.kompas.tv/live/

Silahkan dilihat gambar dibawah ini...

Apa pendapatnya jika melihat pola serangan 4-4-2 yang dipakai tim USA?

Lalu bagaimana pendapatnya jika melihat pola serangan 5-4-1 yang diterapkan oleh Oscar Ramirez untuk tim Kosta Rika?

http://www.kompas.tv/live/ dan dokpri

Pada gambar diatas, kita secara jelas bisa melihat, formasi serangan 4-4-2, yang dipakai Klinsmann, adalah pola menyerang, karena menempatkan dua penyerang yang akan dibantu oleh dua sayap kanan kiri. Formasi serangan ini sesuai dengan karakter tim USA, yang agresif. 

Sebaliknya, 5-4-1 pola serangan yang dipakai Kosta Rika.dengan menumpuk 5 orang sekaligus di lini pertahanan dan 4 orang di tengah, Oscar Ramirez ingin Kosta RIka bertahan, malah bisa dibilang sangat bertahan. Itu yang menjadi ciri khas permainan Kosta Rika yang terkenal dengan pertahanannya.

Secara logika, Kosta Rika hanya mengandalkan serangan balik yang dibantu oleh sayap kanan Campbell dan Bolanos dari kiri saja. 

Namun apa yang terjadi di lapangan, terbalik 180 derajat. Kosta Rika yang rencananya mengandalkan serangan balik, justru sejak menit pertama berinisiatif mengambil alih serangan.  Sebaliknya USA, yang menggunakan pola menyerang, justru dengan cerdik memanfaatkan banyak kesalahan yang dilakukan oleh para pemain Kosta Rika dengan sangat efektif.

Sebuah anomali, kan?

Ini yang patut dipertanyakan. Atas instruksi siapa mereka mengubah permainan? Kapten ataukah pelatih? Perubahan permainan bukan tidak boleh, namun dilakukan jika dalam keadaan terdesak, atau ketinggalan. Dan pelatih bisa memasukan pemain yang cocok dengan pola yang baru. Apa yang terjadi pada tim Kosta Rika, jelas berbeda, mereka menyerang sejak peluit dibunyikan.

Bagaimana mungkin sebuah tim yang dirancang untuk bertahan, kemudian mereka menyerang? Bisa terlihat dari rekamanannya lagi deh, serangan pemain Kosta Rika hanya sedikit yang berbahaya bagi gawang USA...

Anomali ini, yang tidak dibahas oleh Hanif Marjuni dan Cristian Carrasco di Kompas Tv tadi pagi. Keduanya hanya melihat begitu banyak celah di sektor pertahanan Kosta Rika saja. Padahal, celah di lini belakang pertahanan Kosta Rika terjadi akibat sibuknya pemain tengah, membantu serangan. Karena para pemain tengah Kosta Rika, yang fungsinya untuk menopang pertahanan, atau setidaknya ada 2 pemain tengah yang membantu lini pertahanan, malah naik ke atas menyerang.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline