Indonesia memang benar-benar negeri Anomali
Di tengah-tengah perekonomian dunia yang memburuk dan tidak berkembang
Namun Indonesia, negeri yang saya selalu kritisi namun tetap saya cintai, perekonomiannya tetap tumbuh.
Hari ini, BPS mengumumkan Ekonomi Indonesia pada triwulan III-2012 tumbuh sebesar 6,17 persen jika dibandingkan periode sama tahun lalu. Sementara itu, pertumbuhan ekonomi kuartal III dibandingkan kuarta II-2012 tumbuh sebesar 3,21 persen.
Beberapa hari lalu Legatum Institute menyatakan tingkat kemakmuran negara kita ini naik 7 level ke posisi 63 dari 144 negara di dunia. Hal ini dipicu kuatnya daya tarik Asia Tenggara di mata investor dunia. (*sumber: www.bisnis.com)
Indeks Kemakmuran Legatum menentukan tingkat kesejahteraan yang dinilai dalam delapan kategori yang berbeda, yakni ekonomi, pendidikan, kesempatan dan kewirausahaan, pemerintahan, kesehatan, kebebasan pribadi, keamanan, dan kekeluargaan. Legatum Institute adalah sebuah badan pene¬lian kebijakan publik yang bermarkas di London.
Ada benang merah yang saya lihat dari pujian atau apapun istilahnya dari hasil riset dan apapun istilahnya. Masih tingginya pertumbuhan ekonomi Indonesia lebih banyak ditopang kuatnya konsumsi rumah tangga yang diperkirakan tumbuh 5,1 persen pada kwartal III 2012, sementara investasi tumbuh 10,9 persen. Kalau saya boleh mengartikan, Indonesia adalah negara konsumtif.
Masih ingat pada tahun 1993? Saat itu, Bank Dunia pernah menyebut Indonesia sebagai ‘Macan Baru Asia’. Selanjutnya menjelang beberapa bulan sebelum era reformasi, Bank Dunia kembali memuji perekonomian Indonesia dalam sebuah laporan bertajuk: Indonesia, Sustaining Growth with Equity.
Namun dalam hitungan bulan, pujian Bank Dunia itu bagaikan kalimat yang dikutip dari scenario film atau sinetron. Ternyata fundamental perekonomian Indonesia sangat rapuh dan tidak ‘kinclong’ seperti yang dinyatakan oleh statistik-statistik lembaga internasional itu.
Contoh kongkrit, ketika kita jalan ke Grand Indonesia, Plaza Indonesia, dua mall yang sungguh megah dengan isi outlet atau merchant yang menawarkan barang-barang branded. Bahkan seorang Paris Hilton pun mempercayai outlet dagangannya buka di Grand Indonesia. Kesemuanya itu menunjukkan, Indonesia adalah negara yang “potensial”.
Kenapa kata “potensial”? Karena yang saya maksud potensial disini adalah konsumtif. Lihat betapa laris manisnya Iphone, Blackberry, dan android yang harganya terbilang bukan murah di Indonesia.