Lihat ke Halaman Asli

Penguasaan Diri dalam Bergaul

Diperbarui: 25 Oktober 2023   11:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Penguasaan diri dalam bergaul

Pada zaman sekarang yang kita ketahui bahwa pergaulan semakin bebas karena tidak adanya pengawasan dari pihak orang tua, salah satu yang sering terjadi pada remaja pada saat ini adalah mengikuti apa yang dilakukan temannya atau ikut ikutan sehingga hal hal yang mungkin berbahaya malah diikuti seperti merokok, minum minum, bermain judi dan hal lain yang tidak benar untuk dilakukan atau kasarnya adalah dosa.

Maka dari itu kita memerlukan penguasaan diri dalam pergaulan di zaman sekarang agar kita, tidak hanya di dalam pergaulan sebaiknya kita berusaha menguasai diri dalam segala hal dan waspada, sama seperti yang di tuliskan dalam alkitab Injil Galatia 5:22-23 Galatia 5:22-23 (TB)  Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, penguasaan diri. Tidak ada hukum yang menentang hal-hal itu. Dan Amsal Amsal 4:23 (TB)  Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan.

Ketika di dalam pergaulan kita bisa waspada dan menguasai diri kita bisa menjauhi dosa dosa itu supaya kita tetap hidup dalam kebenaran kesucian, saya melihat banyak anak keluar dari gereja bukannya merenungi firman Tuhan malah pergi bersama teman temannya untuk nongkrong sampai malam sambil ngerokok saya sering memarahi teman saya yang seperti itu.

Dengan kita menjaga diri kita dengan baik untuk menghindari hal hal buruk kita akan penuh dengan kedamaian dan tubuh kita bersih dari hal hal itu dan membuat kita berkenan disaat kita mau pelayanaan dalam gereja.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline