BEST PRACTICE
PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI MEDIAN DI KELAS VII SMP PGRI SUMBERAGUNG KABUPATEN BOJONEGORO TAHUN PELAJARAN 2023/2024
Miftakhul Umam
Email : miftakhulumam47@gmail.com
Program Studi Pendidikan Matematika
PPG Dalam Jabatan Univesitas PGRI Madiun Angkatan 3 tahun 2023
https://unipma.ac.id dan https://ppg.unipma.ac.id
Abstrak :
Metode pembelajaran yang selalu sama dan berulang menjadikan peserta didik menjadi bosan saat menjalani pembelajaran. Perlu sebuah inovasi mengenai metode pembelajaran yang bervariasi mengenai pembelajaran yang mempertemukan hal-hal di kehidupan nyata dengan materi median. Kodisi ini perlu diperbaiki dengan memberikan sebuah inovasi berupa pembelajaran melalui tayangan video pembelajaran dan penerapan model Problem Based Learning (PBL) serta pemberian LKPD kelompok yang menarik dan kontekstual. Pembelajaran materi median ini menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan metode pembelajaran ceramah dan diskusi kelompok. Praktik pembelajaran di kelas yang bervariasi ini dilaksanakan di kelas VII SMP PGRI Sumberagung Kabupaten Bojonegoro. Hasil praktik pembelajaran menggunakan metode pembelajaran di kelas yang bervariasi ini menunjukkan keterlibatan siswa selama pembelajaran yaitu 95,65% dan keterlaksanaan pembelajaran sebesar 96,55%. Sebesar 82,6% siswa tuntas dalam pengerjaan soal evaluasi serta mendapatkan rata-rata nilai LKPD sebesar 80. Hasil praktik pembelajaran menggunakan metode ceramah dan diskusi kelompok disertai video pembelajaran dengan model Problem Based Learning memberikan hasil yang sangat baik sehingga diharapkan dapat memudahkan guru dalam memilih inovasi pembelajaran agar pelaksanaan pembelajaran dapat bervariasi.
Kata Kunci: Problem Based Learning, video pembelajaran, inovasi pembelajaran
PENDAHULUAN