Lihat ke Halaman Asli

Nuansa Cinta dari Kota Seribu Air

Diperbarui: 30 September 2015   13:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Wisata. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Kota seribu air merupakan sebutan bagi kota sabang yang dikelilingin oleh banyaknya pantai nan indah juga pulaunya . Kota tersebut terletak di Provinsi Aceh yang kini lebih dikenal dengan the second of bali . Keindahan pantai yang dimiliki kota tersebut tak kalah indahnya dengan pantai yang ada di seluruh Indonesia seperti Raja Ampat ataupun Pantai Kuta. Kota ini berada di pulau terpisah yang bernama Pulau Weh. Banyak pulau-pulau cantik seperti pulau Breeh, pulau Rubiah dan pulau lainnya, yang membuat Sabang memiliki destinasi wisata kepulauan dan pantai yang bisa di kunjungi hingga terkenal ke manca negara.

Untuk dapat sampai ke kota Sabang, kita harus menyeberang lautan dan menempuhnya selama kurang lebih 2 jam dengan kapal ferri ataupun kurang lebih 45 menit dengan kapal cepat. Harga tiket untuk kapal ferri  berkisar 25 ribu dan untuk sepeda motor 28 ribu. Jika ingin lebih cepat sampai ada pilihan lain untuk bisa sampai ke kota tersebut yaitu dengan mengunakan kapal cepat, harga tiketnya berkisar  85 ribu untuk kelas ekonomi dan 90 ribu untuk kelas bisnis. Dalam perjalanan wisatawan dapat melihat indahnya hamparan laut yang membuat perjalanan tidak terasa membosankan atau bahkan melelahkan.

Dikota seribu air tersebut terdapat Monumen atau Tugu Kilometer Nol yang dibuat di sebelah ujung barat sebagai pertanda titik awal  dalam perhitungan luas Indonesia  yang di mulai dari Sabang dan berakhir di Meuroke. Tugu Nol Kilometer tersebut terletak di Desa Iboih Ujong Bau, Kecamatan Suka karya. Tugu ini bukan saja menjadi penanda ujung terjauh bagian barat di Indonesia tetapi juga menjadi objek wisata sejarah yang sering di kunjungi wisatawan. Kota Sabang  ini memiliki sekitar beberapa titik potensial untuk  tujuan wisata yang bisa dikunjungi diantaranya yang paling populer adalah Pantai Gapang dan Pantai Iboih. Selain pantai kota Sabang juga memiliki tempat wisata lainya, seperti danau, air terjun gunung berapi dan pemandian air panas. Wajar saja kota ini disebut kota seribu air, keindahan wisata airnya begitu memukau mata saat melihatnya. Berikut akan disajikan objek wisata terbaik dikota sabang :

Anoi Itam

Pantai Anoi Itam yang artinya “pasir hitam” merupakan pantai yang unik dan berbeda dengan pantai lainnya dipulau ini, tidak salah jika pantai ini mendapat predikat menjadi pantai tercantik di Nusantara. Panduan warna hitam dari pasir tersebut dan warna putih dari batu kapur menjadi kombinasi tersendiri yang membuat pantai ini menjadi begitu indah.

Danau Aneuk Laot

Dikelilingi oleh indahnya pohon-pohon yang hijau membuat danau ini memiliki kesan hangat tersendiri. Danau yang menyerupai sungai ini merupakan tempat yang banyak didatangi para wisatawan khususnya yang memiliki hobi foto. Tempat ini tak hanya menjadi tempat wisata tetapi juga merupakan sumber mata air bagi warga setempat.

Air Panas Keunekai

Selain pantai yang indah kota sabang juga memiliki objek wisata air panas yang bisa dinikmati setiap wisatawan. Pengelola air panas ini telah menampung iar panas tersebut ke sebuah kolam sehingga yang ingin meningkmati hangatnya ir panas tersebut bisa langsung masuk kedalam kolam tersebut. Suhu air panas tersebut sekitar 20 sampai 40 derajat celcius.

Gunung Berapi Jaboi

Gunung berapi Jaboi yang berada di Kecamatan Sukajaya sekitar 6 Km dari Balohan. Bau belerang saat pertama kali memasuki kawasan ini begitu pekat, tetapi setelah beberapa saat berada ditempat itu bau belerang tersebut sedikit demi sedikit akan hilang  saat beradaptasi dengan lingkungan tersebut. Mata kita akan dimanjakan oleh indahnya gunung berkabut asap belerang itu dengan bongkahan batu putih disekelilingnya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline