Lihat ke Halaman Asli

Merealisasikan Laporan Flowchart Penjualan Dalam Usaha Mikro Kecil & Menengah (UMKM)

Diperbarui: 26 November 2023   15:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Apa itu Flowchart Penjualan?

Flowchart penjualan menggambarkan langkah-langkah kunci yang terlibat dalam proses bisnis, mulai dari menghasilkan prospek hingga menemukan prospek yang berkualitas. Flowchart penjualan dapat membantu UMKM dalam mengidentifikasi dan meminimalisir masalah dalam proses penjualan, serta meningkatkan efisiensi dan mengurangi pemborosan, seperti yang terdapat dalam contoh flowchart penjualan ini.

Flowchart juga memungkinkan UMKM untuk menentukan kapan saatnya untuk fokus kembali pada area bisnis atau produk yang menjadi kurang penting dari waktu ke waktu. Mengatur dan mengoptimalkan aktivitas penjualan dimulai dengan pembuatan diagram alur proses penjualan.

Mengapa Flowchart Penjualan Penting?

whatsapp-image-2023-11-26-at-12-54-54-6562effede948f32310e5e24.jpeg

Flowchart penjualan akan menjadi alat yang sangat berguna untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas penjualan jika dibangun dengan tepat. Membuat grafik penjualan memiliki banyak keuntungan, seperti: 

  • meningkatkan kinerja dan produktivitas tim penjualan;
  • mengidentifikasi peluang untuk pertumbuhan atau ekspansi; 
  • memahami di mana waktu dihabiskan selama siklus penjualan tertentu;
  • menentukan peran pekerjaan yang ideal dalam perusahaan; 
  • merencanakan prakarsa pelatihan untuk tim penjualan; dan 
  • mengidentifikasi peluang penjualan yang mungkin terlewatkan

Kesimpulan 

whatsapp-image-2023-11-26-at-12-55-00-1-6562f0d5c57afb4e760378c2.jpeg

whatsapp-image-2023-11-26-at-12-55-00-6562f0e412d50f774a0fb142.jpeg

Flowchart penjualan dapat membantu UMKM untuk mengidentifikasi proses penjualan secara lebih efisien dan membuat pengalaman pelanggan lebih baik. Flowchart juga dapat membantu dalam meningkatkan kecepatan pelayanan, mengurangi biaya, dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Maka dari itu sangat penting untuk merealisasikan arus laporan Flowchart Penjualan bagi pelaku Usaha Mikro Kecil & Menengah (UMKM) agar dapat memaksimalkan efisiensi dan efektivitas penjualan.

Lisa Huberta Mbuilima, Maylaffayza Tafana Putri, Miftahul Naim Alam Syahuda, Rina Fitri Audia, Yuyun Yunia Ningsih

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline